Luar Biasa, Guru SD di Tegal Garap Film Layar Lebar

Luar Biasa, Guru SD di Tegal Garap Film Layar Lebar

TEGAL – Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Margadana 3 Kota Tegal yang juga penulis skenario film fiksi, Mohammad Ali, kini sedang memproduksi atau membuat film berjudul “Sumirah”. Film tersebut akan diikutkan dalam berbagai ajang festival sehingga harus digarap serius.

“Film Sumirah nantinya akan diikutkan dalam Festival Film Indonesia (FFI), Festival Film Tegal (FFT) dan Festival Sunday Movie (FFM). Dua festival akan dilakukan tahun depan, sedangkan FFT pada September,” kata penulis skenario film fiksi, Mohammad Ali.

Film tersebut, kata Ali, bercerita tentang gadis yang ingin dijadikan sintren tetapi menolak. Namun ia menemukan boneka yang telah diberikan neneknya 15 tahun lalu, sehingga pada akhirnya ia menerima menjadi sintren karena teringat pesan neneknya.

“Film tersebut setengah mistis yang digarap seniman berkualitas dan diproduksi di Desa Sinema Pepunden. Sedangkan saya ide cerita, sutradaranya jebolan Jakarta, Sumarjo Lengkang Sulam,” ujarnya.

Untuk seting tempat mengambil di Sumpring sebuah Desa di Bumijawa. Pengambilan judul “Sumirah” diambil dari nama yang sangat kental dengan ciri khas Tegal. Karena kebudayaan Sintren hampir punah, dan sintren merupakan kebudayaan lokal yang perlu diangkat.

“Kita menggali seni budaya lokal, mengangkat budaya lokal dan diambil tempat di Sumpring karena mendukung untuk film itu,” pungkasnya. (mei)

Editor: Wawan Setiawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: