Tradisi Dan Inovasi Solusi Perkembangan Pencak Silat Modern

Senin 28-10-2024,15:11 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Di mana, pencak silat bukan hanya seni bela diri, tetapi masuk dalam warisan budaya. Mulai dari asprk spiritual, filosofi, seni, sampai sejarah yang ada di dalamnya.

Mengingat, pencak silat juga diakui sebagai WBTB UNESCO yang bisa meningkatkan industri pariwisata budaya Indonesia. pencak silat modern merupakan upaya nyata dalam pertahanan dan esensi yang ada.

Bahkan apresiasi tinggi dari berbagai pihak bisa dirasakan para pelaku pencak silat. Baik dari lomba yang ada atau sekedar pengisi kegiatan sebgai penampil. 


Warga yang turut andil dalam acara Perkembangan Pencak Silat Modern-DOK @humasjogja-

BACA JUGA : Jamu Persita Tangerang, PSS Sleman Akan Gunakan Taktik Serangan Balik Cepat

BACA JUGA : Pilkada Kulon Progo 2024, Berikut Visi-Misi 3 Paslon Beserta Rekam Jejaknya

Adanya  Pencak Wisata Budaya Festival Pencak Silat 2024 menjadi gerakan kreatif dari keberagaman budaya. Menjadi inovatif dalam upaya pengembangan pencak silat modern untuk nilai tradisional yang berjaya.

Di mana, dari keseluruhan acara selama 3 hari yang diadakan pada 24-26 Oktober 2024 cukup baik. Mulai dari teknos jurus sampai pengenalan pencak silat yang mendalam berbaur dengan keris, wayang, sampai gamelan.

Ada koreografi pencak silat untuk anak anak juga yang bisa jadi upaya perkembangan generasi muda. Hal tersebut dilakukan untuk nilai budaya yang tetap ada.


Hadirnya Wakil Gubernur dalam acara Perkembangan Pencak Silat Modern-DOK @humasjogja-

Pentingnya keterlibatan warga

Demi komitmen untuk kekayaan budaya yang sudah mendapatkan apresiasi global. Warga atau masyarakat sekitar perlu turun tangan untuk kekayaan budaya yang wajib dikembangkan.

Di mana, budaya hanya bisa bertahan lewat kolaborasi dan kontribusi masyarakat. Acara yang ada jadi ajang pemeliharaan dan pengembangan pencak silat lewat inovasi kreatif.

Beragam kegiaran kebudayaan bisa dinikmati lewat pencak silat yang merupakan cabang olahraga tradisional. Nilai nilai tersebut yang perlu ditekankan generasi muda dalam perkembangan budaya.

Kerja sama Dinas Kebudayaan Yogyakarta dengan Paseduluran Angkringan Silat Yogyakarta dihadiri petinggi lain. Seperti adanya Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta dan Ketua KONI Yogyakarta.


Di hadiri beberapa petinggi dalam acara Perkembangan Pencak Silat Modern-DOK @humasjogja-

Kategori :