Tradisi Dan Inovasi Solusi Perkembangan Pencak Silat Modern

Senin 28-10-2024,15:11 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Kecanggihan modern baik teknologi dan informasi terkadang mengubur dalam warisan bangsa. Dari sana ada pencak silat modern yang merupakan upaya pertahanan diri.

Bisa jadi perlindungan diri sekaligus olahraga dan tontonan berguna. Lewat pencak silat modern budaya dan nilai nilai leluhur bisa terus berdaya dan berkembang.

Dengan potensi yang ada, seni bela diri pencak silat modern tetap mengutamakan etika. Mulai dari estetika yang tinggi, sampai nilai nilai filosofi yang kuat dalam diri petarung. 

Secara maksimal, pencak silat modern merupakan upaya mempertahankan nilai budaya. Menjadi kreativitas dalam mendongkrak minat generasi muda dalam bela diri.

Warisan budaya yang perlu dikembangkan

Seperti yang diketahui, Pencak silat sudah menjadi warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO pada tahun 2029. Pastinya hal itu perlu diupayakan dan dipertahankan untuk Indonesia.

Tapi seiring berkembanbgnya zaman, bela diri dari indonesia semakin terlupakan. Dari sana munculah pencak silat modern yang memiliki nilai budaya dengan gerakan yang nyata.


Salah satu budaya yang perlu jadi Perkembangan Pencak Silat Modern-DOK @humasjogja-

BACA JUGA : Tol Jogja - Solo Diprediksi Rampung Desember, Mudik Lebaran 2025 Akan Lebih Lancar

BACA JUGA : Ayam Goreng Kalasan Khas Jogja: Hidangan Lezat yang Punya Banyak Fakta Unik

Berlokasi di kawasan Titik Nol Km Yogyakarta, adanya relevansi pencak silat untuk pertahanan budaya. Di mana semua pihak punya persamaan presepsi" ujar Wakil Gubernur Yogyakarta.

KGPAA Paku Alam X selaku Wakil Gubernur Yogyakarta turut bersuara dengan adanya Pencak Wisata Budaya Festival Pencak Silat pada Sabtu 26 Oktober 2024.

Di mana upaya yang ada untuk meminimalisir terkikisnya nilai tradisional yang ada dalam pencak silat. Mulai dari esensi budaya sampai pengakuan internasional dari UNESCO. 

Hal yang perlu di ingat

Sri Paduka bersuara "Pencak silat modern merupakan upaya pertahanan akan warisan budaya. Dengan identitas diri Indonesia, tradisi, sampai nilai nilai leluhur yang ada di masyarakat sekitar".

Kategori :