Kebudayaan Jogja Masih Dilakukan Warga Lokal, Tapi Jarang Diketahui Banyak Orang

Sabtu 19-10-2024,16:20 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswayogja.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburannya.

Hal ini tidak terlepas dari kekayaan budayanya yang sampai saat ini masih dilakukan oleh warga lokal itu sendiri agar tetap lestari meski zaman sudah mengalami banyak perubahan.

Dari sekian banyak budaya khas Jogja yang dikenal masyarakat luas, ternyata ada berbagai budaya Jogja yang belum diketahui oleh generasi muda seperti sekarang.

Ini pun menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk tetap menjaga dan  melestarikannya agar hilang begitu saja. Berikut beberapa kebudayaan Jogja yang jarang, antara lain:

BACA JUGA : 5 Toko Batik Terbaik Yogyakarta Sering Jadi Buruan Turis, Kualitas Terbaik Harga Terjangkau

BACA JUGA :  Mengenal Sekar Jagad: Motif Batik Yogyakarta yang Memiliki Keindahan dan Keunikan

1. Jabur

Seperti banyak kesenian atau budaya asal Jogja, seni Jabur adalah salah satu kearifan lokal asal Jogja yang kental dengan nilai-nilai Islam.

Jabur merupakan salah satu seni wayang orang yang mengangkat nuansa Islam dan mengisahkan berbagai cerita dari Babad Menak. 

Sayangnya, seiring dengan minimnya jumlah kostum pentas dan terbatasnya para generasi muda yang mempelajari seni Jabur, kesenian ini pun menjadi kian jarang dipentaskan.

2. Srandul

Jika kamu senang mempelajari berbagai seni tari tradisional unik khas Indonesia, Jogja pun memiliki salah satu kesenian tari tradisional yang sangat unik.

Berbeda dengan tari tradisional pada umumnya, kesenian Srandul adalah salah satu kesenian tradisional dalam bentuk drama tari yang berasal dari Kabupaten Bantul. 

Meskipun sampai saat ini pencipta kesenian Srandul tidak diketahui secara pasti, kesenian tersebut konon katanya telah diwariskan secara turun temurun antargenerasi.

BACA JUGA : Pemkot Sosialisasikan Pemberian Bantuan Hukum Gratis Untuk Warga Miskin Di Kota Yogyakarta

Kategori :