Sekda DIY Beny; Koperasi Jadi Rumah Ekosistem Ekonomi Bagi UMKM

Senin 15-07-2024,08:13 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

DISWAYJOGJA – Koperasi bukanlah sekadar entitas ekonomi. Koperasi adalah agen perubahan sosial yang membawa menuju peradaban yang lebih maju. Dimana setiap individu memiliki kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono saat membacakan amanat Wakil Gubernur DIY pada Upacara Hari Koperasi Ke-77 DIY, Jumat, 12 Juli 2024 lalu.

Peringatan Hari Koperasi ke-77 dengan tema "Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil" itu bertempat di Lapangan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Tema tersebut sengaja diambil untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Brebes Dorong Koperasi Bermitra dengan Pemerintah Daerah

Menurut Beny, koperasi hadir untuk mengonsolidasi, mengakselerasi, serta mengeskalasi usaha mikro menjadi usaha kecil dan menengah. Koperasi menjadi rumah ekosistem, yang mendukung pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh tanah air.

Beny menyebut, dengan memberikan akses pendanaan, pengembangan produk, standarisasi, sertifikasi, dan pasar global, koperasi memperkuat posisi tawar kita di kancah dunia.

“Saat ini, lebih dari 99 persen pelaku usaha di negeri ini adalah usaha mikro, yang sering kali rentan dan bersaing ketat satu sama lain. Namun, dibalik kerentanan ini, tersimpan kekuatan luar biasa yang siap kita bangkitkan, yaitu koperasi,” ungkap Beny.

Beny menyampaikan, koperasi bukan sekadar entitas ekonomi. Koperasi adalah agen perubahan sosial yang membawa menuju peradaban yang lebih maju. Dimana setiap individu memiliki kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi.

Beny menyebut, salah satu upaya agar UMKM semakin kuat itu melalui koperasi. Dengan koperasi sebagai pilar utama akan melangkah menuju masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan. Dimana kemakmuran dan kesejahteraan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA:Peringati Hari Koperasi ke-77, Puluhan Warga Bumiayu Dapatkan Sembako

“Selamat merayakan Hari Koperasi ke-77. Semoga bangsa Indonesia bisa mencapai cita mulia, dengan koperasi sebagai ‘soko guru’ nya. Karena itu, mari bersama-sama melangkah untuk mewujudkan visi Indonesia sejahtera. Dimana koperasi berperan sebagai kekuatan lokal, yang menggerakkan ekonomi daerah dan nasional,” kata Beny.

Dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM DIY menggelar bazar UMKM. (*)

 

Kategori :