Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Apakah Haram? Begini Penjelasannya

Jumat 15-03-2024,12:55 WIB
Reporter : Fisal Sandi Pradesti Sinaga
Editor : Syamsul Falaq

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidak ada larangan menggosok gigi di bulan puasa, sambil tidak menelan. Jadi sebaiknya tetap menggosok gigi secara rutin agar gigi dan mulut tetap bersih.

Anda bisa menyikat gigi tiga kali, yaitu setelah berbuka puasa, sebelum tidur, dan sebelum sahur. Salin itu, gunakan pasta gigi yang menyegarkan dan pastikan untuk menggosok seluruh area gigi secara merata.

2. Hindari Merokok

Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa selanjutnya adalah dengan menghindari atau bahkan berhenti merokok. Hal ini karena merokok dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di mulut, karena zat-zat yang ada di dalam komponen rokok.

BACA JUGA : Hukum Menelan Air Ludah, Dahak dan Ingus Saat Puasa, Simak Penjelasan Berikut!

3. Perhatikan Asupan Makanan

Memperhatikan asupan makanan saat berpuasa juga penting untuk menghindari bau mulut saat berpuasa. Misalnya, menghindari konsumsi bawang merah secara berlebihan, ada baiknya mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah agar tubuh tetap segar sepanjang hari.

4. Memenuhi kebutuhan akan air Minum

Berpuasa selama sehari penuh dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan cairan tubuh yang cukup dengan meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

Anda juga bisa mengaturnya dengan jadwal rutin, seperti mengikuti satu gelas saat sahur, dua gelas setelah sahur, satu gelas saat berbuka puasa, satu derajat setelah sholat Maghrib.

Kemudian, dua gelas makan malam, satu gelas setelah sholat Isya, dan dua gelas setelah sholat tarawih. Anda juga bisa mengaturnya dengan jadwal rutin, seperti mengikuti satu gelas saat sahur, dua gelas setelah sahur, satu gelas saat berbuka puasa, satu derajat setelah sholat Maghrib.

BACA JUGA : 3 Menu Sahur Simpel Untuk Anak Yang Enak dan Kaya Akan Nutrisi, Yuk Cobain!

Kemudian, dua gelas makan malam, satu gelas setelah sholat Isya, dan dua gelas setelah sholat tarawih. Nah, itulah penjelasan tentang hukum menyikat gigi di bulan Ramadhan. Kini, tidak perlu ragu lagi untuk membersihkan mulut.

Hanya saja Anda harus berhati-hati untuk tidak menelan dan berbuka puasa. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :