Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Apakah Haram? Begini Penjelasannya

Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Apakah Haram? Begini Penjelasannya

Menggosok gigi saat berpuasa--

DISWAY JOGJA - Menggosok gigi saat berpuasa di bulan Ramadhan menjadi dilema. Apakah akan membatalkan atau tidak. Maka jangan heran dengan bulan Ramadhan seperti sekarang ini banyak umat Islam yang bertanya tentang hukum menggosok gigi saat berpuasa.

Hanya saja, pada dasarnya Islam mengajarkan seorang muslim untuk selalu menjaga kebersihan, bukan kebersihan gigi dan mulut. Kegiatan menjaga kebersihan tidak terkecuali di bulan Ramadhan. Namun, ketika puasa mengharuskan umat Islam untuk tidak minum dan makan, lalu bagaimana dengan sikat gigi?

Apakah sikat gigi berbuka puasa? Agar tidak salah paham, lebih baik cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Hukum menggosok gigi saat berpuasa

Sebagai informasi, bahwa Rasulullah SAW telah menyebutkan dalam sebuah hadits dari Imam Bukhari dan Muslim "jika tidak memberatkan Umatku, pasti aku perintahkan untuk bersiwak (menggosok gigi) setiap kali akan berwudhu,"

Dalam pernyataan tersebut dengan jelas dinyatakan bahwa menjaga kebersihan gigi dan mulut telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Alasannya, bagaimanapun, kebersihan (termasuk gigi dan mulut) adalah sebagai dari iman. Lantas, apa hukumnya menggosok gigi saat berpuasa? Bisakah itu dilakukan bahkan di siang hari?

Anda masih bisa menyikat gigi di pagi atau siang hari. Hanya saja Anda harus berhati-hati saat membilasnya. Jika Anda minum air putih, atau jika gigi Anda tertelan, puasa Anda akan batal.

BACA JUGA : Masuk Daftar Favorit Keluarga? Praktis, Bergizi, Takjil Lezat Ini Pas Sebagai Menu Buka Puasa. Dijamin Nikmat!

Hal tersebut dikemukakan oleh Imam Nawawi di Majmu di situs Nahdlatul Ulama (NU). Disengaja atau tidak, keduanya sama-sama membatalkan puasa.

Demikian pendapat para ulama, tanpa ada perbedaan pendapat di dalamnya. Dengan begitu, umat Islam harus memperhatikan dengan seksama cara menyikat gigi yang dianjurkan. Jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak dan jangan menyikat gigi terlalu dalam, karena takut tertelan.

Kemudian, Anda harus menyikat gigi di pagi hari pada pukul 7 hingga 10 pagi atau sebelum waktu Dzuhur. Tidak dilarang menyikat gigi setelah Dzuhur. Namun, hukumnya akan menjadi makruh.

Anti bau mulut di bulan puasa

Ketika mulut tidak mengalirkan air atau makanan ke dalam perut dalam waktu lama, asam lambung akan bereaksi. Asam lambung akan naik ke atas dan inilah yang memicu bau di mulut.

Hanya saja, tidak perlu khawatir karena tips berikut ini bisa diterapkan agar mulut tidak terasa tidak enak di bulan puasa. Simak penjelasannya berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: