Serius Beras Ampuh Memutihkan Kulit Glowing Alami? Segudang Manfaatnya, Bisa Kamu Buktikan Sendiri!

Minggu 25-02-2024,11:45 WIB
Reporter : Chintya Larasati
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA -  Buat kamu yang pengen memutihkan kulit alami, ada kabar baik nih! Gak perlu ribet dan mahal, kamu bisa memanfaatkan beras yang ada di dapur.

Ya, beras gak cuma jadi bahan makanan pokok, tapi juga punya segudang manfaat buat kecantikan kulit. Beras mengandung vitamin B, antioksidan, dan mineral yang bermanfaat untuk memutihkan, melembabkan, dan menghaluskan kulit

Selain itu,di balik kandungan karbohidratnya, beras menyimpan segudang manfaat buat kecantikan kulit wajah. Yup, beras bisa memutihkan kulit secara alami!

Berikut ini merupakan manfaat beras yang perlu diketahui:

1.    Mencerahkan Kulit

Beras mengandung asam ferulic yang membantu menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan kulit kusam. Kandungan allantoin dalam beras juga membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru, sehingga kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

2.    Melembabkan Kulit

Beras kaya akan vitamin E dan minyak alami yang membantu menjaga kelembaban kulit. Kandungan ini membuat kulit terasa lebih halus, kenyal, dan terhidrasi.

BACA JUGA : Tips Memutihkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami? 9 Cara Ampuh untuk Mendapatkan Kulit Cerah dan Sehat

3.    Menghaluskan Kulit

Tekstur beras yang halus dan lembut dapat digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Scrub beras membantu menghaluskan tekstur kulit, menyamarkan pori-pori besar, dan membuat kulit terasa lebih halus.

4.    Mengatasi Jerawat

Beras memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Kandungan antioksidan dalam beras juga membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Buat kamu yang kulitnya sensitif akan jerawat bisa dicoba menggunakan beras untuk mengatasinya.

BACA JUGA : Rahasia Kulit Cantik dan Putih: 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Mudah, Langsung Cobain!

5.    Menyamarkan Flek Hitam

Beras mengandung vitamin B3 atau niacinamide yang membantu memudarkan flek hitam dan hiperpigmentasi. Kandungan ini juga membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

6.    Memperlambat Penuaan Dini

Antioksidan dalam beras membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel kulit dan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan kulit kendur.

BACA JUGA : Ingin Kulit Lebih Cerah? Konsumsi Buah-buahan Ini Untuk Cara Memutihkan Kulit Wajah, Aman Sehat dan Alami!

Ini dia beberapa resep dari beras untuk memutihkan kulit wajah alami:

1.    Masker Beras

Cuci bersih beras dan rendam selama 30 menit.Haluskan beras yang sudah direndam dengan blender atau gilingan.Campurkan beras halus dengan air atau bahan lain seperti madu, yoghurt, atau susu untuk masker.Oleskan masker pada wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit.Lalu bilas wajah dengan air hangat.

2.    Scrub Beras

Campurkan tepung beras dengan air atau madu hingga menjadi pasta.Gosokkan scrub pada wajah dengan gerakan memutar selama 1-2 menit.Lalu bilas wajah dengan air hangat.

Selain beras yang ditumbuk atau dijadikan masker ada cara lain yang lebih muda, yaitu dengan memanfaatkan air beras yang dicuci. Cukup bilah wajah dengan air beras cucian secara rutin dapat menghasilkan hasil yang maksimal uuntuk proses memutihkan kulit wajah.

Jangan lupa juga, perhatikan tips berikut ini:

·          Gunakan masker atau scrub beras 2-3 kali seminggu.

·          Gunakan bahan-bahan alami dan segar untuk masker.

·          Lakukan tes alergi sebelum menggunakan masker pada seluruh wajah.

·          Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

·          Perhatikan jenis kulit mu karena tidak semua kulit wajah cocok dengan beras.

Beras merupakan bahan alami yang aman dan efektif untuk memutihkan kulit wajah. Gunakan masker atau scrub beras secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit dengan pola makan sehat, minum air putih yang cukup, dan istirahat yang cukup. (*)

Kategori :