Kelezatan 17 Makanan Khas Tegal yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba!

Senin 18-09-2023,09:47 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

Mungkin belum banyak yang tahu tentang kuliner khas Tegal ini. Glotak adalah hidangan utama gembus yang dimasak dengan berbagai bumbu untuk menciptakan rasa lezat. Nama "glotak" berasal dari suara yang dihasilkan saat proses memasak. Rasa unik glotak dipadukan dengan kaldu dari rebusan tulang ayam atau sapi serta irisan cabai, menciptakan perpaduan rasa yang sempurna.

6. Nasi Lengko:

Nasi lengko, hidangan sederhana tapi lezat. Nasi panas disajikan dengan topping seperti potongan tahu, tauge, tempe, mentimun, dan diberi bumbu kacang yang kental dan pedas. Ini adalah hidangan yang pas untuk sarapan sebelum menjelajahi Tegal.

BACA JUGA:Resep Soto Tauco Tegal: Eksplorasi Aroma dan Rasa Ikonik Kuliner Tegal

7. Nasi Ponggol:

Selain nasi lengko, Tegal juga memiliki nasi ponggol, yang biasanya disantap sebagai sarapan. Nasi ponggol ini dibungkus dengan daun pisang, dan dalam satu porsinya, Anda akan menemukan nasi putih yang disajikan dengan tempe, tahu orek, oseng mi, serta sambal teri. Ada juga pilihan telur dadar atau udang untuk menemani hidangan ini.

8. Olos:

Olos adalah camilan berbentuk bulat terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu. Kini, Anda dapat menemukan olos dengan berbagai isian, seperti ayam, sosis, dan keju. Olos yang telah digoreng matang disajikan dengan beragam bumbu bubuk untuk menambah cita rasa.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Apresiasi Produk Kuliner Tegal

9. Soto Tauco:

Penggemar soto, perhatian! Tegal menawarkan soto dengan rasa yang unik. Soto ini berisi daging ayam, irisan babat, tauge, dan brambang goreng, dengan tambahan tauco yang memberikan sentuhan khas. Rasanya mencakup manis, gurih, asam, dan asin yang lezat.

10. Latopia:

Tidak seperti bakpia biasa, di Tegal ada camilan unik yang disebut latopia. Meskipun mirip dengan bakpia, kulit latopia lebih tebal. Tersedia dalam berbagai rasa seperti cokelat, keju, durian, kacang hijau, dan banyak lagi. Ini adalah oleh-oleh favorit yang wajib dibawa pulang.

11. Kemronyos:

Untuk pecinta daging kambing, Kemronyos adalah hidangan yang wajib dicicipi. Ini adalah sate kambing khas Tegal yang disajikan tanpa bumbu kecap atau bumbu kacang.

12. Gemblong Ocar Acir:

Kategori :