Kamu Suka Bergadang? Stop! Jangan Terlalu Sering Jika Tidak Ingin Beresiko. Simak 5 Penjelasanya

Rabu 26-07-2023,23:37 WIB
Reporter : Ilwan Qodri Ramadhan
Editor : Ilwan Qodri Ramadhan

 

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk tidur. Hindari penggunaan gadget seperti ponsel, tablet, atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur.

 

 

 

4. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

 

Pastikan kamar tidur Anda nyaman dan tenang. Gunakan matras yang nyaman, atur suhu kamar sesuai preferensi Anda, dan hindari suara atau cahaya yang mengganggu.

 

 

 

5. Hindari Makan Berat atau Minum Alkohol Sebelum Tidur

 

Makan berat atau minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur. Cobalah untuk mengonsumsi makanan ringan beberapa jam sebelum tidur.

 

 

 

6. Rutin Berolahraga

 

Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih baik, tetapi hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat tidur lebih sulit.

 

 

 

7. Kelola Stres

 

Stres dan kecemasan dapat mengganggu tidur. Cari cara-cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, olahraga, atau hobi yang menyenangkan, untuk membantu Anda merasa lebih rileks sebelum tidur.

 

 

 

8. Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

 

Jika Anda perlu tidur siang, usahakan agar tidurnya tidak terlalu lama dan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur malam.

Kategori :