Hasil Survei Pustral UGM: Indeks Kepuasan Pengguna Capai 86 Persen di Momen Nataru, Ini Detailnya

Hasil Survei Pustral UGM: Indeks Kepuasan Pengguna Capai 86 Persen di Momen Nataru, Ini Detailnya

Hasil survei pustral UGM: kepuasan pengguna capai 86 persen untuk sektor transportasi di momen libur Nataru-Foto by Kosadata.com-

JOGJA, diswayjogja.id - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung pada 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025 telah selesai, dengan total estimasi 110 juta masyarakat Indonesia melakukan perjalanan.

Berbagai program pemerintah pada sektor transportasi, seperti mudik gratis, penurunan harga tiket pesawat domestik sebesar 10 persen, hingga pengaturan lalu lintas, digulirkan untuk mendukung kelancaran perjalanan.

Guna mengevaluasi efektivitas kebijakan ini, Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan survei nasional di tujuh provinsi yang merepresentasikan 62 persen tujuan perjalanan pada periode Nataru.

Survei dilakukan terhadap 5.804 responden dengan margin of error 1,35 persen, yang diambil di 37 simpul transportasi dan ruas jalan pada puncak mobilisasi masyarakat, yakni 29 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025.

BACA JUGA : Hasto Wardoyo Komitmen Selesaikan Problem RTLH dengan Semangat Gotong Royong

BACA JUGA : PSS Sleman Sukses Lumat Persebaya Surabaya 3-1, Mazola Junior Buktikan Anak Asuhnya Sudah Berkembang

Indeks Kepuasan Pengguna Capai 4,39

Hasil survei menunjukkan 86 persen masyarakat merasa puas dan sangat puas terhadap pelayanan transportasi, sementara hanya 1,6 persen yang merasa tidak puas.

Indeks Kepuasan Pengguna Transportasi mencapai 4,39 dari skala 5 (kategori sangat puas), dengan aspek keamanan menjadi yang tertinggi (4,6) dan sosialisasi keselamatan terendah (4,2).

Berdasarkan moda transportasi, kereta api meraih indeks kepuasan tertinggi (4,6) berkat inovasi layanan, ketepatan waktu, dan kemudahan informasi.

Sebaliknya, moda bus memiliki indeks terendah (4,2), terutama pada aspek layanan petugas, sosialisasi keselamatan, dan kemudahan informasi.

Selain tingkat kepuasan yang tinggi, survei juga menyoroti beberapa isu yang perlu perhatian, seperti:

  • Kemudahan memperoleh tiket (kereta api dan penyeberangan ASDP).
  • Ketepatan waktu dan keterjangkauan tarif (angkutan udara).
  • Kualitas jalan dan pengaturan lalu lintas (angkutan jalan dan kendaraan pribadi).
  • Kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu (angkutan laut).

Apresiasi Kepuasan Publik di Momen Nataru

Dalam acara rilis survei yang digelar secara hybrid, Kepala Pustral UGM, Ir. Ikaputra, M.Eng., Ph.D, memaparkan hasil temuan di hadapan sejumlah pemangku kepentingan, Jumat (10/1/2025) di UC Hotel UGM.

BACA JUGA : Hajar Persiku Kudus 2-0, PSIM Jogja Sukses Amankan Tiket Babak Delapan Besar

BACA JUGA : Pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis di Bantul Kemungkinan Batal Digelar Pekan Depan, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.tribunnews.com