Hasil Survei Pustral UGM: Indeks Kepuasan Pengguna Capai 86 Persen di Momen Nataru, Ini Detailnya

Hasil Survei Pustral UGM: Indeks Kepuasan Pengguna Capai 86 Persen di Momen Nataru, Ini Detailnya

Hasil survei pustral UGM: kepuasan pengguna capai 86 persen untuk sektor transportasi di momen libur Nataru-Foto by Kosadata.com-

Hadir sebagai pembicara, di antaranya Ahmad Yani A.T.D., MT (Plt. Dirjen Perhubungan Darat), Prof. Dr. Techn. Ir. Danang Parikesit, M.Sc., Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik), Tulus Abadi (YLKI), dan influencer transportasi Danang Giri Sadewa.

Ahmad Yani mengapresiasi kepuasan publik yang tinggi pada momen Nataru 2024/2025, menyebut lonjakan perjalanan pada Nataru hanya 30-40 persen dibandingkan kondisi normal.

Ia optimis hasil ini menjadi acuan untuk persiapan angkutan Lebaran yang biasanya mencapai lonjakan 300 persen.

Soroti Pentingnya Standar Pelayanan Minimum

Namun, para narasumber juga menekankan perlunya perbaikan. Tulus Abadi menyoroti pentingnya memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM), terutama di jalan tol.

Danang Parikesit mencatat kecenderungan masyarakat lebih puas terhadap layanan BUMN dibanding swasta.

Sementara itu, Danang Giri Sadewa menegaskan pengaruh media sosial dalam membentuk persepsi publik terhadap layanan transportasi.

Pustral UGM berharap pemerintah terus meningkatkan kualitas layanan, terutama pada aspek yang mendapat kepuasan rendah, untuk menyongsong mobilisasi besar pada Lebaran mendatang.

“Persepsi positif ini harus menjadi motivasi untuk terus memperbaiki layanan transportasi nasional,” ujar Ikaputra.

Metode dan Sampel Survei

Survei ini dilakukan dengan wawancara langsung kepada 5.804 responden di tujuh provinsi yang dipilih untuk mewakili sekitar 62% tujuan perjalanan pada masa libur Nataru 2024/2025. 

BACA JUGA : Peningkatan Kasus PMK Terjadi Lebih Awal, Kementan Bentuk Satgas PMK Nasional

BACA JUGA : Pemkot Yogyakarta Buka Pendaftaran Pemilihan Dimas Diajeng Jogja 2025, Begini Syaratnya

Survei ini mencakup 37 simpul transportasi dan titik ruas jalan yang diprediksi menjadi titik puncak mobilitas masyarakat. Margin of error dalam survei ini tercatat sebesar 1,35%.

Pustral UGM bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan RI dalam menyelenggarakan survei ini. 

Acara “Rilis Survei Nasional Persepsi Publik Terhadap Penyelenggaraan Transportasi Pada Masa Libur Natal 2024 & Tahun Baru 2025” dihadiri oleh berbagai stakeholder, termasuk pejabat Kementerian Perhubungan dan akademisi dari UGM.

Survei ini memberikan gambaran positif mengenai kepuasan pengguna transportasi di Indonesia, meskipun ada beberapa area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas layanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.tribunnews.com