Rencana Tol Jogja-Solo Klaten-Prambanan Beroperasi Penuh Saat Lebaran, Paket Klaten-Sleman Fungsional
Rencana Tol Jogja-Solo Klaten-Prambanan beroperasi penuh saat lebaran-jogja.tribunnews.com-
BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Dibuka Hingga Prambanan Pada Libur Nataru, Begini Cara Cek Tarif di Aplikasi Travoy
“Jadi Insyaallah nanti untuk pertama kalinya, jalan tol akan menyentuh DIY di fungsional lebaran itu. Nanti lewat (exit) Tirtomartani yang tembusannya ke jalan nasional di lapangan Raden Ronggo, Kalasan,” kata Pejabat Humas PT Adhikarya, pembangunan jalan Tol Jogja-Solo paket 1.2 Agung Murhandjanto, Rabu (1/1/2025).
Menurut dia, jalan Tol Jogja-Solo saat ini baru fungsional sampai wilayah Prambanan Klaten. Pintu keluar itu, meskipun sering disebut sebagai gerbang Prambanan, namun lokasinya di Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. Belum masuk ke wilayah Yogyakarta.
Menyambut lebaran tahun 2025, pembangunan jalan bebas hambatan ini rencananya bakal terus dikebut hingga nanti tersambung dari gerbang Prambanan membujur ke barat di wilayah Tirtomartani, Kalasan, Sleman.
Meskipun, paket pekerjaan sebenarnya terus digarap sampai simpang susun Purwomartani. “Tapi nanti yang fungsional sampai Tirtomartani dulu. Belum bisa tembus ke barat, sampai Purwomartani,” katanya.
BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo Diprediksi sampai Tirtomani pada Lebaran Tahun Depan, Berikut Detailnya
BACA JUGA : Pergerakan ke DIY Diperkirakan Capai 10 Juta Orang saat Nataru, Tol Jogja-Solo Beroperasi Hingga Prambanan
Jalan Tol Jogja-Solo paket 1.2 Klaten-Purwomartani dibangun dengan design kontruksi seluruhnya at grade. Proyek strategis nasional ini, dibangun dengan kebutuhan lahan 4.229 bidang.
Sejauh ini sudah 4.093 bidang atau setara 96,78 persen yang sudah terbayar. Artinya masih menyisakan 3,22 persen atau 136 bidang lahan, yang pembebasannya masih dalam proses.
Menurut Agung, pekerjaan krusial pembangunan jalan tol di paket ini hampir seluruhnya sudah terlewati. Misalnya, struktur bangunan di zona 1.2A sejauh ini telah terbangun 101 box culvert, 32 box jalan, dan 10 jembatan. Sedangkan di zona 1.2B dari kebutuhan 40 box culvert baru terbangun 34, yang artinya masih menyisakan 6 lagi.
Kemudian box jalan dari kebutuhan 13, masih kurang 2 karena baru terbangun 11. Adapun untuk struktur bangunan jembatan, dari kebutuhan 10 sudah terbangun 9, masih menyisakan 1 jembatan lagi.
BACA JUGA : Ditargetkan Rampung 2026, Konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Jogja-SS Banyurejo Mencapai 70,28 Persen
BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Akan Beroperasi 30,9 Kilometer Saat Libur Nataru Secara Dua Arah, Sampai Exit Toll Prambanan
Sementara jalan utama atau main road jalan tol, secara umum sudah terbentuk. Ketinggian layer secara simultan juga terus digarap, meskipun menurut Agung sudah hampir seluruhnya selesai karena tinggal menyisakan di bagian pinggiran main road saja. di bagian tengah jalan juga terus dikeraskan.
“Jadi pekerjaan besarnya sekarang masih rigid atau pengecoran beton untuk lantai (jalan). Kalau pekerjaan krusial seperti pembangunan box culvert, jembatan dan sebagainya sudah hampir tergarap semua,” kata dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: jogja.tribunnews.com