Majukan Sektor Perikanan Gunungkidul Yogyakarta, Pelabuhan Gesing Beri Harapan Baru

Majukan Sektor Perikanan Gunungkidul Yogyakarta, Pelabuhan Gesing Beri Harapan Baru

majukan sektor perikanan, industri, dan ekonomi-supplychainindonesia.com-

Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Pantai atau dikenal dengan PPP Gesing jadi sektor perikanan yang dilirik. Merupakan pelabuhan ikan terbesar ke dua setelah Sadeng di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. 

Proyek ini rupanya diharapkan menjadi sektor pendongkrak ekonomi warga sekitar. Menjadi proyek yang cukup ambis dalam kesetaraan ekonomi warganya.

Bayu Mukti Sasongko selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY memaparkan semua program dari lama. Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Pantai Gesing di mulai dari awal tahun 2020. 

Dari dana keistimewaan, anggaran lumayan besar mencapai 152.5 miliar. Di mana berlaku untuk pembangunan fisik dan konstruksi mulai tahun 2022. 

BACA JUGA : Penilaian Desa Anti korupsi Indonesia Bersih, Kalurahan Gari Maju Mewakili Gunungkidul

BACA JUGA : Aldi Satya Mahendara: Pembalap Muda Asal Bantul yang Mulai Mendunia

Pelabuhan Gesing punya fasilitas lengkap

Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Pantai Gesing sudah dilengkapi fasilitas modern. Layaknya kolam ikan, luasnya dermaga, sampai gedung tempat lelang ikan.

Gak usah khawatir, di Pelabuhan Gesing juga di sediakan MCK umum, mushola. Ada juga power house, gedung pengepakan ikan, sampai pos jaga. 

Keamanan dan kenyamana bisa dirasakan dari pembangunan yang ada. Untuk kolam punya kedalaman 3.5 meter yang bisa menampung 40 kapal sekoci serta 50 perahu motor.

Mengingat kapasitas produksi yang cukup besar, dapak positif bisa dirasakan semua orang. Pelabuhan Gesing diperkirakan bisa mendaparkan 5 ribu ton per tahun dan bantu perekonomian sekitar lebih baik.

Alasan memilih Pelabuhan Gesing 

Pada hari Sabtu, 20 Oktober 2024, Pak Bayu memaparkan semua itu sudah melalui tahapan matang. Berbagai pertimbangantediri dari kondisi geografis, sampai gelombang laut yang relatif tenang.

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, aktivitas kapal dirasa semakin aman. Sedimentasi yang dipunya pada laut Teluk Gesing Yogyakarta juga termasuk rendah.

Bisa mengurangi risiko pendangkalan alur pelayaran para nelayan. Kolam Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Pantai Gesing cukup luas untuk tangkapan yang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogjaprov.go.id