Aneka Macam Jenis Gudeg yang Wajib Dicicipi Saat Bertandang ke Yogyakarta

Aneka Macam Jenis Gudeg yang Wajib Dicicipi Saat Bertandang ke Yogyakarta

Tampilan kuliner khas Yogyakarta yang melegenda-timesindonesia.co.id-

Kebalikan dari gudeg basah, sesuai namanya, gudeg kering memang disajikan dalam keadaan kering tanpa tambahan areh kental. Selain itu, ciri khas gudeg kering adalah cita rasa manisnya yang kuat dengan tekstur nangka yang lebih kesat. 

Hal ini dikarenakan, gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama jika dibanding dengan gudeg.  basah sehingga kuahnya surut dan gulanya meresap hingga ke bagian dalam gudeg.

Tekstur kering inilah yang membuat gudeg jenis ini lebih tahan lama sehingga cocok dibeli sebagai buah tangan. 

Jika Anda ingin mencoba jenis gudeg yang satu ini, bisa mencobanya di beberapa tempat, di antaranya Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon, hingga Gudeg Bu Tjitro yang disajikan dalam wadah kaleng sehingga lebih awet dan praktis dibawa ke mana saja.  

BACA JUGA : Pemkot Yogyakarta Integrasikan Seni Membatik Dengan Kurikulum Sekolah, Untuk Mengenalkan Batik Sejak Dini

BACA JUGA : Perajin Bantul Sulap Kelapa Gabuk Jadi Produk Kerajinan Tangan Unik Bernilai Ekonomis

3. Gudeg Manggar

Berbeda dengab gudeng yang terbuat dari nangka muda, jenis guded yang satu ini dibuat dari manggar atau bunga pohon kelapa yang masih muda. 

Konon katanya, gudeg manggar ini dibuat sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerinta Yogyakarta yang dulunya lebih berpihak kepada Belanda.

Namun saat ini, eksistensi gudeg manggar khas Bantul ini tidak kalah menarik dan cukup diminati dari dua jenis gudeg yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain disajikan sebagai santapan, gudeg manggar juga sering digunakan sebagai sajian saat acara adat maupun festival di Kota Gudeg.

BACA JUGA : Program M3K Dan Mahananni Inovasi Penataan Kawasan Kumuh Di Yogyakarta

BACA JUGA : Satlinmas Dan Bea Cukai Yogyakarta Bersinergi Sosialisasi Cukai Rokok

4. Gudeg Mercon

Jenis gudeg selanjutnya yabg bisa dicicipi saat berada di Jogja adalah gudeg mercon. Jenis gudeg yang satu ini mungkin terdengar sedikit mengerikan bagi wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kumparan.com