Walang Goreng, Kuliner Ekstrem Khas Gunungkidul yang Punya Banyak Khasiat

Walang Goreng, Kuliner Ekstrem Khas Gunungkidul yang Punya Banyak Khasiat

Tampilan walang goreng khas Gunungkidul-detik.com-

diswayjogja.com - Kabupaten Gunungkidul yang ada di Jogja memang dikenal dengan pantai pasir putihnya yang indah dan mempesona bagi siapapun yang berkunjung. Namun, siapa sangka jika kabupaten yang satu ini juga memiliki kuliner unik dan jarang ditemukan di wilayah lain.

Kuliner yang dimaksud adalah walang goreng yang terbuat dari bahan dasar walang, yaitu jenis belalang kecil yang kemudian digoreng, makanan ini memiliki rasa yang unik dan kaya akan manfaat.

Dulunya, belalang kecil yang ada di wilayah ini dianggap sebagai hama oleh para petani karena sering merusak tanaman.

Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak negatif terhadap pertanian, akhirnya msyarakat sekitar menjadikannya sebagai olahan alternatif pengganti daging bagi mereka yang kurang mampu untuk membeli daging.

BACA JUGA : Jadwal Lengkap Layanan SIM Keliling Gunungkidul, Kulon Progo dan Sleman; Cek jika Kamu Mau Perpanjang

BACA JUGA : Kalurahan Balong Gunungkidul Resmi Ditetapkan Sebagai Kampung Zakat Oleh Kemenag

Lantas, apakah dengan mengonsumsi walang goreng ini akan mendapatkan manfaat atau khasiat? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Kaya Protein dan Rendah Lemak

Walang Goreng merupakan sumber protein yang baik dan penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, Walang Goreng juga rendah lemak, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau menjalani gaya hidup sehat.

2. Sumber Gizi yang Tinggi

Selain protein, makanan ini juga mengandung zat penting lainnya seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah, sedangkan kalsium dan fosfor diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan magnesium juga bisa membantu menjaga fungsi otot dan sistem saraf yang sehat, sedangkan vitamin B kompleks berperan dalam proses metabolisme tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: gudegbagong.com