Cara Menghindari Merek Mesin Cuci Terbaik Konslet

Cara Menghindari Merek Mesin Cuci Terbaik Konslet

Merek mesin cuci terbaik-MD.Laik alom mollik-www.freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan perangkat di rumah yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari untuk mencuci baju.

Tetapi, seperti pada perangkat elektronik yang lain, merek mesin cuci terbaik mempunyai risiko mengalami korsleting listrik atau konslet apabila tidak dipakai dengan benar.

Korsleting bisa menyebabkan kerusakan merek mesin cuci terbaik, kebakaran, bahkan akan membahayakan keselamatan bagi penghuni rumah.

Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara menghindari merek mesin cuci terbaik konslet dan menjaga perangkat ini agar tetap aman dipakai.

BACA JUGA:Kelebihan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Dan Mesin Cuci 2 Tabung

BACA JUGA:10 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung; Bagus Dan Awet, Cuma Sejutaan

Berikut cara menghindari mesin cuci konslet :

1. Gunakan Instalasi Listrik yang Aman

- Pastikan Sumber Listrik Sesuai

Mesin cuci perlu daya cukup tinggi untuk bekerja. Pastikan soket listrik yang dipakai punya kapasitas yang cukup guna menyalurkan listrik pada mesin cuci tanpa membuat kelebihan beban.

- Gunakan Steker Tertanah (Grounded Plug)

Mesin cuci modern dilengkapi steker yang punya grounding yang tertancap ke tanah. Fungsi grounding untuk mengalirkan listrik ke tanah apabila ada kebocoran arus, sehingga bisa mencegah korsleting atau kebakaran. Pastikan kalau soket listrik di rumah kamu mendukung fungsi grounding.

- Hindari Overloading

Jangan pakai satu soket untuk beberapa perangkat yang memiliki daya besar sekaligus, karena bisa menyebabkan kelebihan beban listrik di jalur tersebut dan memicu terjadinya korsleting. Lebih baik untuk mesin cuci kamu pakai soket yang eksklusif.

2. Perhatikan Kondisi Kabel dan Steker

- Periksa Kabel secara Berkala

Pastikan kabel mesin cuci tidak terkelupas atau rusak. Apabila ada yang rusak, segera ganti. Kabel yang rusak bisa mengakibatkan kebocoran arus listrik yang berpotensi timbul korsleting.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung, Harga Murah

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Harga Di Bawah 2 Juta

- Hindari Menyambung Kabel

Apabila kabel mesin cuci terlalu pendek, maka kamu jangan menyambungnya ke kabel tambahan yang tak sesuai standar. Pakailah kabel ekstensi yang berkualitas tinggi dan pastikan bahwa sambungannya kuat dan aman.

3. Pastikan Mesin Cuci Terlindungi dari Air

- Jangan Letakkan Mesin di Tempat Basah

Pastikan mesin cuci berada di tempat yang kering dan tidak terpapar air secara langsung. Jangan menaruh mesin cuci di tempat yang gampang terpapar cipratan air, seperti dekat kamar mandi tanpa ada pembatas atau ditaruh di tempat yang sering tergenang air.

- Cek Karet Penutup Pintu

Pastikan karet penutup pintu kondisinya selalu baik. Karet yang rusak bisa mengakibatkan kebocoran air ke listrik mesin cuci, yang berrisiko konslet. Apabila karet pintu sudah rusak, ganti karet yang baru.

- Cek Selang Air secara Rutin

Apabila ada keretakan ataupun kebocoran, maka air bisa menyebar pada area listrik mesin cuci, sehingga membuat risiko korsleting meningkat.

BACA JUGA:Cara Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Jutaan Murah Agar Awet Selamanya

BACA JUGA:Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Dibersihkan Pakai Sikat Bekas, Simak Penjelasan Berikut

4. Gunakan Pelindung Listrik atau Stabilizer

- Pasang Stabilizer

Apabila listrik di rumah kamu sering ada gangguan atau tidak stabil, maka sebaiknya kamu pasang stabilizer untuk mesin cuci.

Stabilizer bisa membantu menjaga supaya arus listrik kondisinya tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan arus yang berpotensi membuat komponen mesin jadi rusak.

- Gunakan MCB (Miniature Circuit Breaker)

MCB merupakan alat pengaman listrik yang otomatis akan memutus aliran listrik bila terdeteksi adanya kelebihan beban ataupun korsleting. Pastikan bahwa instalasi listrik di rumah kamu sudah dilengkapi MCB yang berfungsi dengan baik.

5. Rawat Mesin Cuci dengan Baik

- Bersihkan Filter dan Drum Mesin Cuci

Bersihkan secara rutin supaya tidak ada sisa-sisa  kotoran yang menumpuk dan mempengaruhi performa dari mesin cuci.

Drum mesin juga perlu dibersihkan agar tercegah dari penumpukan residu deterjen ataupun kotoran yang dapat menyebabkan mesin jadi bekerja lebih berat.

BACA JUGA:Boleh Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik, Begini Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Pengering Harga 10 Jutaan

- Jangan Memaksa Kapasitas Mesin Cuci

Mesin cuci yang dipaksa bekerja lebih dari kapasitasnya dapat menyebabkan motor listrik jadi terlalu panas, yang akhirnya akan memicu konsleting. Selalu mengikuti rekomendasi kapasitas mesin yang ada di panduan penggunaan.

- Matikan Mesin dengan Benar

Pastikan kamu mematikan mesin cuci setelah sudah dipakai. Jangan biarkan kondisi mesin cuci stand-by terlalu lama. Cabut steker apabila mesin cuci tidak dipakai dalam waktu yang lama.

6. Waspadai Tanda-Tanda Konsleting

- Apabila kamu mencium bau hangus atau terbakar ketika mesin cuci sedang bekerja, segera matikan mesin lalu cabut dari listrik. Hal bisa jadi pertanda awal erjadinya korsleting.

- Mesin cuci yang tiba-tiba mati tanpa sebab yang jelas bisa jadi tanda ada masalah listrik. Lakukan pemeriksaan kabel dan sumber daya listrik.

BACA JUGA:Tips Efektif Mencuci Baju Bayi Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:9 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Bergini Cara Mengatasinya

- Apabila kamu melihat ada percikan api atau lampu di mesin cuci yang berkedip, itu merupakan tanda ada masalah yang serius pada aliran listriknya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu terhindar dari terjadinya konsleting pada merek mesin cuci terbaik kamu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id