Tips Ampuh Mencegah Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Tips Ampuh Mencegah Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Tips mencegah jamur di merek mesin cuci terbaik-wirestock-www.freepik.com

diswayjogja.com - Tentu saja kita semua berharap mempunyai merek mesin cuci terbaik yang kondisinya bersih dan terbebas dari jamur yang sering tumbuh di bagian - bagian tertentu pada mesin cuci.

Merek mesin cuci terbaik terutama tipe bukaan depan yang punya efisiensi tinggi bisa menjadi tempat untuk berkembang biak yang ideal bagi jamur.

Suhu yang hangat, tanah dan juga bakteri dari pakaian, residu deterjen dan pelembut kain, ditambah lagi dengan lingkungan yang kondisinya gelap semuanya bisa bergabung.

Semua hal itu menjadi keadaan yang ideal bagi jamur berkembang secara cepat di merek mesin cuci terbaik. Bahkan bisa meninggalkan bau tidak menyenangkan.

BACA JUGA:7 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bukaan Depan Cepat Rusak

BACA JUGA:Keuntungan Dan Kekurangan Merek Mesin Cuci Terbaik Portable Serta Cara Merawatnya Agar Awet

Jamur seringkali ditemukan tumbuh pada merek mesin cuci terbaik beban depan di bagian belakang paking karet yang menutup pintu guna mencegah kebocoran.

Tapi, pertumbuhan jamur juga bisa terjadi di semua jenis washer pada pipa drainase, pelembut kain dan dispenser deterjen, dan di area filter serat washer.

Untungnya kamu tidak perlu repot ketika akan membersihkannya. Membersihkan jamur ternyata cuma perli satu produk seperti pemutih klorin.

Peralatan yang kamu harus siapkan yaitu kain mikrofiber, ember plastik berukuran besar, kuas scrub berukuran kecil yang berbulu lembut, serta sarung tangan pelindung.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cara Tradisional

BACA JUGA:Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Berkualitas Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut cara untuk membersihkan mesin cuci :

1. Terlebih dahulu mengosongkan mesin cuci kamu guna mencegah terjadinya pemutihan pada pakaian yang tidak disengaja. Apabila mesin cuci kamu memiliki sistem yang otomatis untuk mengeluarkan deterjen ataupun pelembut kain, maka perlu untuk dikosongkan terlebih dahulu.

2. Pilihlah siklus pencucian yang normal untuk beban yang besar sehingga air yang cukup bisa mengalir lewat mesin cuci. suhu air diatur jadi panas atau hangat.

3. Tambah pemutih klorin dan memulai mesin cuci. Lalu nyalakan mesin cuci kemudian kamu biarkan mesin cuci untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Biasanya siklus tersebut juga akan mengatasi masalah jamur yang ada di saluran drainase.

4. Bersihkan pintu dan drum mesin cuci. Pakai sarung tangan pelindung, kemudian mulai celupkan  sikat berbulu lembut atau kain mikrofiber ke dalam larutan 1 hingga 4 cangkir pemutih klorin dan 2 cangkir air guna membersihkan di area ini.

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar dan Muncul Suara Dengung, Begini Solusinya

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Noda Hitam Merek Mesin Cuci Terbaik, Hanya Pakai 1 Bahan

5. Bilaslah pakai air yang panas guna menghilangkan sisa - sisa dari residu yang terakumulasi. Apabila komponen dilapisi residu yang menumpuk, isilah bak cuci dengan air yang panas dan bairkan terendam dalam waktu 10 menit. Kemudian bilas dengan baik dan biarkan sampai mengering.

6. Filter serat dibersihkan. Serat yang terperangkap bisa mulai berjamur dan mengakibatkan bau.

Lepas filter lalu sikat serat menggunakan sikat berbulu dan bersihkan seluruh jamur menggunakan kain yang dicelupkan dalam larutan klorin. Bilas lalu keringkan sebelum kamu mengembalikan filter tersebut ke mesin cuci.

Selain itu, cara paling ampuh untuk masalah jamur di merek mesin cuci terbaik yaitu dengan cara melakukan pencegahan seperti ini :

Jangan pakai detergen dengan jumlah yang berlebihan.

Pakai lebih sedikit pelembut kain cair.

Pakailah cuka putih sebagai gantinya guna membantu menghempaskan residu deterjen dan membuat pakaian jadi lembut.

BACA JUGA:Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

BACA JUGA:7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

Tambah kipas angin atau AC ke ruangan mesin cuci guna meningkatkan sirkulasi udara.

Bawalah dehumidifer guna menjaga kelembapan yang lebih rendah.

Cek ventilasi pengering guna memastikannya kencang dan tidak bocornya udara lembab yang kemungkinan masuk dalam ruang mencuci.

Pastikan kalau kipas di mesin cuci tipe bukaan depan kondisinya bersih dan berfungsi dengan baik, serta ventilasinya tidak terhalang.

Jalankan siklus pembersihan tiap minggu atau minimal tiap bulan.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mencegah jamur tumbul di merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id