Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar dan Muncul Suara Dengung, Begini Solusinya

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar dan Muncul Suara Dengung, Begini Solusinya

Merek mesin cuci terbaik tidak berputar tapi ada suara dengung-EyeEm-www.freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik memang menjadi alat yang hampir setiap hari digunakan untuk kebutuhan mencuci pakaian kotor di rumah tangga.

Seperti pada peralatan elektronik pada umumnya, merek mesin cuci terbaik juga bisa mengalami berbagai macam gangguan.

Salah satu gangguan yang kerap dialami merek mesin cuci terbaik yaitu mesin cuci yang tidak mau untuk berputar. Belum tentu kalau masalah ini tanda kalau mesin cuci kamu rusak.

Tapi, selain tidak dapat berputar, ada juga yang kerap mengalami merek mesin cuci terbaik yang mengeluarkan suara mendengung.

Merek mesin cuci terbaik yang tidak mau berputar namun mengeluarkan suara dengung ternyata menandakan beberapa kondisi.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berputar

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Bilas Tidak Mau Keluar, Ini Solusinya

Berikut penyebab mesin cuci tidak berputar tetapi mendengung :

1. Pintu mesin tidak tertutup dengan baik

Apabila mesin cuci 1 tabung kamu tidak mau berputar dan hanya timbul suara dengung dari dinamo ketika mengeringkan pakaian, maka itu mungkin terjadi akibat pintu mesin cuci tidak tertutup dengan baik.

Meskipun hal ini terdengar sepele, tetapi beberapa model mesin cuci memang tidak bisa bekerja jika pintunya belum tertutup dengan rapat.

Bahkan jika ada kotoran di sela - sela pintu pengering atau material yang lainnya yang dibiarkan begitu saja menumpuk, itu juga bisa berpotensi membuat pintu mesin cuci tidak dapat tertutup dengan rapat. Yang pada akhirnya membuat mesin cuci tidak dapat berputar hanya bersuara dengung dari dinamo.

2. Ada kabel yang putus

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang paling sering terjadi salah satunya yaitu karena adanya sambungan kabel yang sudah putus. Putusnya kabel tersebut memang dapat terjadi, misal karena tergigit oleh tikus.

Apabila kabel tersebut putus, maka sudah dapat dipastikan kalau mesin cuci termasuk juga di bagian pengeringnya tidak akan dapat berjalan sama sekali.

BACA JUGA : 7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

BACA JUGA : Cara Mengatasi Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Tanpa Perlu Panggil Teknisi

3. Dinamo pengering rusak

Kerusakan yang dialami oleh dinamo pengering mesin cuci termasuk lumayan sering terjadi, hal itu dikarenakan lilitan atau coil dinamo sudah putus atau short.

Sehingga yang akhirnya akan menyebabkan mesin cuci tidak dapat bekerja dan cuma mendengung saja. Dalam kondisi ini, kamu perlu mengganti dinamo yang baru guna mengatasinya.

4. Tali rem pengering putus

Rem pengering berguna membuat dinamo pengering yang di bagian tengah berputar, bisa berhenti konstan jika pintu pengering dibuka.

Tetapi, apabila tali rem pengering tersebut putus, maka hal itu dapat membuat mesin cuci kadang bisa berputar kadang tidak mau berputar. Sehingga, cara mengatasinya yaitu kamu perlu mengganti tali rem tersebut dengan yang baru.

BACA JUGA : Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bergetar Kencang Saat Mengeringkan Baju

5. Kapasitor rusak

Hal ini dapat terjadi disebabkan karena komponen kapasitor yang terus bekerja menyimpan dan melepaskan arus dengan terus menerus saat mesin cuci sedang digunakan. Kapasitor yang bekerja tanpa ada istirahat akan membuatnya jadi kurang kapasitas atau bisa juga mengalami kebocoran.

Hal ini yang akhirnya bisa membuat mesin cuci 2 tabung tidak dapat berputar hanya ada suara dengung saja dari dinamo. Dimana di mesin cuci 2 tabung sendiri ada 2 kapasitor yang berperan sebagai komponennya.

6. Motor dinamo lemah

Dinamo mesin cuci yang tidak berputar biasanya penyebabnya sangat mungkin terjadi yaitu tenaga yang dihasilkan dinamo motor pengering tersebut lemah. Hal itu membuat rotasi yang dihasilkan juga jadi ikut lambat. Penyebab dinamo lemah ini sendiri kebanyakan sebab faktor usia, sehingga wajar jika performa mesin jadi menurun.

7. Beban yang terlalu banyak

Pengering merek mesin cuci terbaik 1 tabung tidak dapat berputar hanya berdengung dapat terjadi karena adanya beberapa masalah yang sepele seperti terlalu banyak beban.

Beban yang berlebih memang akan mengakibatkan rotasi mesin jadi berjalan dengan lebih lambat. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan batas maksimal pakaian guna mencegah masalah ini.

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar Dan Manfaatnya

BACA JUGA : 7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

Berikut cara mengatasi mesin cuci yang berdengung :

1. Mengurangi muatan pakaian

Apabila mesin cuci  mengalami overload atau kebanyakan bebannya, maka kamu hanya perlu mengurangi jumlah pakaian yang ada di dalam tabung mesin cuci.

2. Cek kabel

Apabila dinamo yang rusak karena kabelnya putus, maka cek kabel terlebih dahulu, kemudian kamu lakukan penyambungan. Apabila kondisi dinamo kotor, maka kamu bersihkan terlebih dahulu sampai bersih.

3. Ganti tali karet

Ganti tali karet bila permasalahannya ada di karet yang kondisinya kendur dimana hal ini bisa menjadi penyebab tabung mesin cuci tidak dapat bergerak lagi.

4. Gganti kapasitor yang rusak

Tes menggunakan pakai Ohm meter untuk mengetahui kapasitor mesin cuci rusak atau tidak. Apabila jarumnya bergerak, maka itu berarti kapasitor mesin cuci kondisinya baik - baik saja. Tapi sebaliknya, apabila jarum tidak bergerak atau diam, maka itu pertanda kalau kapasitor sudah rusak dan harus segera diganti.

BACA JUGA : Cara Mencegah Pakaian Kusut Saat Dikeringkan Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Takaran Detergen Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik Portable Yang Tepat

5. Cek lid switch

Apabila masalah kurangnya deteksi di lid switch dimana tidak dapat mendeteksi pintu mesin cuci yang telah tertutup secara rapat atau tidak, maka silakan komponen diganti tersebut. Kesalahan deteksi akan mengakibatkan mesin cuci jadi cepat rusaknya.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab merek mesin cuci terbaik tidak berputar tapi ada suara dengung, serta cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id