Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor Bagian Bawah, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor Bagian Bawah, Begini Cara Mengatasinya

Merek mesin cuci terbaik bocor bagian bawah-freepik-www.freepik.com

diswayjogja.com - Genangan yang ada di bagian bawah merek mesin cuci terbaik sudah dipastikan bahwa peralatan elektronik ini sedang berada di kondisi bocor.

Apabila bagian bawah dari merek mesin cuci terbaik ini tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan masalah yang lebih besar.

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kebocoran yang terjadi di bagian bawah merek mesin cuci terbaik.

Jika kamu memakai merek mesin cuci terbaik model bukaan atas, ada kemungkinan kalau lubang di pompa airnya sudah berlubang.

Sehingga, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru untuk mencegah air langsung jatuh ke motor. Kamu bisa membuka manual perbaikan untuk model merek mesin cuci terbaikmu dan suka cadang sebagai penggantinya.

BACA JUGA : Cara Memasang Tali Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bergerak

Jika kamu memakai merek mesin cuci terbaik jenis bukaan depan, kamu harus memeriksa di bagian drum mesin cuci kamu.

Kamu juga harus tahu, kalau merek mesin cuci terbaik bukaan depan mempunyai drum di bagian dalam dan juga di luar.

Drum bagian luar terdiri dari dua bagian, lalu dibaut jadi satu. Meski demikian, lapisan ini dapat bocor sehingga harus diperbaiki ataupun diganti.

Berikut tips merawat mesin cuci supaya awet :

1. Bersihkan Mesin Cuci

Mesin cuci yang kondisinya bersih tidak hanya bisa membuat pakaian yang dicuci jadi lebih bersih, tapi juga akan membantu dalam merawatnya.

Cara membersihkan mesin cuci dengan keseluruhan, kamu dapat menjalankan siklus pembersihan tiap satu bulan sekali atau tiap 30 kali siklus pencucian. Hal itu akan membantu dalam menghilangkan buih dan juga penumpukan sisa sabun.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik yang Berkerak Tanpa Harus Dibongkar

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

2. Jangan Biarkan Pakaian Basah di Tabung Mesin Cuci

Segera kamu keluarkan pakaian yang basah setelah selesai siklus pencucian. Hal ini tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya pertumbuhan lumut dan jamur di dalam mesin.

3. Cek Saku Pakaian

Selanjutnya yaitu kamu harus selalu mengecek saku pakaian sebelum kamu memasukkannya ke mesin cuci. Barang logam seperti kunci dan koin bisa membuat tabung mesin cuci jadi rusak.

Jadi, pastikan kamu mengecek saku sebelum kamu mencuci pakaian dalam mesin cuci. Tetapi, apabila kamu tidak sengaja lupa, kamu pastikan untuk melakukan pembersihan pada filter pompa pembuangan mesin cuci model bukaan depan, yang dibuat untuk menampung barang-barang tersebut.

4. Bersihkan Filter dan Ventilasi Serat Pengering

Untuk perawatan pada pengering mesin cuci, hal terbaik yang perlu kamu lakukan salah satunya yaitu dengan memastikan kamu membersihkan perangkap serat sesudah digunakan.

Hal itu akan membantu dalam mencegah bahaya kebakaran dan juga untuk menjaga supaya pengering beroperasi dengan optimal.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Menyimpan Pakaian Terlalu Banyak di Merek Mesin Cuci Terbaik, Apa Bahayanya

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan ventilasi pengering, ataupun saluran yang mengarah dari mesin cuci menuju ke luar rumah, paling tidak setahun sekali. Meskipun sedikit lebih membutuhkan waktu, jangan sampai kamu melewatkan tahapan ini.

5. Hindari Pemakaian Deterjen Terlalu Banyak

Mungkin kamu masih berpikir kalau lebih banyak deterjen yang dipakai akan menjadikan pakaian kamu lebih bersih. Padahal anggapan tersebut sebenarnya salah besar dan tidak akan membuat pakaian kamu jadi lebih bersih.

Selain akan meninggalkan residu sabun di pakaian, terlalu banyak deterjen juga bisa menimbulkan bau tidak sedap yang menempel di mesin cuci.

Bahkan, hal itu bisa menyebabkan mesin cuci jadi beroperasi lebih lama dan memakai siklus bilas tambahan agar deterjen bisa hilang.

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkarat

6. Jangan Mencuci Barang yang Terbuat dari Karet

Hal ini karena uap dari mesin pengering bisa melelehkan barang-barang plastik ataupun karet. Sehingga akan ada saatnya, barang tersebut membuat mesin cuci jadi rusak.

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar kamu membiarkan barang-barang tersebut mengering di tempat yang memiliki ventilasi yang baik.

Itulah penyebab mesin cuci bocor di bagian bawahnya, dan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam merawat merek mesin cuci terbaikmu agar tahan lama dan awet. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id