Pesona Wisata Terbaru 2024 Pulau Berhala dengan Berbagai Aktivitas Seru Menyenangkan

Pesona Wisata Terbaru 2024 Pulau Berhala dengan Berbagai Aktivitas Seru Menyenangkan

Wisata terbaru 2024 Pulau Berhala dari kejauhan-kebudayaan.kemdikbud.go.id-

diswayjogja.com – Provinsi Jambi yang berada di Pulau Sumatera ini memiliki berbagai destinasi wisata terbaru 2024 yang menarik dan wajib untuk dieksplor karena panorama alamnya yang memukau.

Salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang ada di Provinsi Jambi adalah Pulau Berhala. Objek wisata yang satu ini termasuk pouler di kalangan wisatawan karena selalu ada saja pengunjung yang datang ke pulau ini.

Lantas, apa yang menjadikan tempat wisata terbaru 2024 Pulau Berhala popular? Simak informasi selegkapnya dibawah ini.

BACA JUGA : Deretan Wisata Terbaru 2024 Jambi Tawarkan Pantai Eksotisme dengan Keunikannya

BACA JUGA : 4 Wisata Terbaru 2024 Spot Camping dengan View Alam Menakjubkan Jambi

Tentang Pulau Berhala

Namu tempat wisata terbaru 2024 ini memang cukup unik, namun tahukah kenapa diberi nama tersebut? Awal mulanya berasal dari seorang bangsawan Turki yang bernama “Paduka Berhalo”.

Beliau merupakan orang yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, karean itulah tempat ini dinamakan “Pulau Berhala”

Salah satu alasan objek wisata ini popular karena formasi bebatuan besar yang ada di sini sangat memukau. Bebatuannya tidak hanya ditemukan di tepi pantai, namun ada juga di setiap sudut pulau tersebut.

Tidak hanya bebatuan besar saja yang menjadi daya tarik Pulau Berhala, tetapi hamparan pasir putihnya yang bersih dan lembut juga menjadi alasan untuk berkunjung.

Aktivitas Seru di Pulau Berhala

Destinasi wisata Pulau Berhala memang tidak seluar wisata pulau lainnya yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, di pulau ini ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan, diantaranya:

Edukasi Sejarah

Pulau ini tidak hanya menawarkan panorama alamnya saja yang memukau, tetapi juga termasuk ke dalam kawasan sejarah. Banyak potensi arkeologis yang sangat bernilai terutama bagi warga sekitar pulau.

Wisatawan yang ingin menjelejahi wisata edukasi sejarah bisa mengunjungi jejak sarah makam keramat, meriam dan dapur peninggalan Jepang. Semua peninggalan zaman dulu dilindungi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Menikmati Pesona Alam Danau Gunung Tujuh, Tertinggi se-Asia Tenggara

BACA JUGA : Info Wisata Terbaru 2024 Danau Belibis: Daya Tarik, Lokasi dan HTM-nya

Hunting Foto Instagramable

Aktivitas yang tidak boleh ketinggalan saat mengunjung berbagai objek wisata adalah hunting foto. Di Pulau Berhala banyak spot foto instagramable yang bisa dijadikan bahan postingan di sosisal media.

Berapa spot foto yang ada di tempat wisata terbaru 2024 yang satu ini berada di tepi pantai, sekitat bebatuan, di atas hamparan pasir putih, dari atas bukit dan spot menarik lainnya.

Berenang di Kawasan Pulau Berhala

Pulau Berhala memiliki kontur pantainya yang landai dengan menawarkan keindahan air lautnya yang bersih dan jernih. Selain itu, kedalaman pantai ini pun cukup dangkal sehingga wisatawan akan menghabiskan waktu untuk berenang atau hanya berendam kaki di tepian.


Bebatuan besar yang ada di sepanjang wisata terbaru 2024 Pulau Berhala-idntimes.news-

Menyelam atau Snorkeling

Pantai yang ada di pulau ini terdapat 22 spesies jenis ikan dan karang yang terlindungi ekosistem alami. Dengan airnya yang jernikh serta kehidupan lautnya yang beragam sehingga cocok dijadikan untuk aktivtas snorkeling.

Staycation

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan momen matahari terbit dari pualu ini, sangat disarankan untuk staycation lebih lama.

Menghabiskan waktu untuk menikmati suasana pantai saat malam hari terasa bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia

Pihak pengelola kawasan wisata Pulau Berhala ini menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan para wisatawan.

BACA JUGA : Sederet Wisata Terbaru 2024 Religi Jambi, Perjalanan Spiritual yang Menenangkan Jiwa

BACA JUGA : 6 Pilihan Wisata Terbaru 2024 Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Jambi

Beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya homestay atau cottage, pusat konservasi penyu, peralatan snorkeling, situs sejarah dan warung wisata

Lokasi dan HTM Pulau Berhala

Pulau Berhala ini terletak di Kepulauan Singkep, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Untuk mencapai wisatawan perlu menyeberang dari Pelabuhan Pulau Nipah Panjang menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam

Sementara untuk masuk ke Pulau Berhala, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk, melainkan harus mempersiapkan anggaran yang cuckup untuk akomodai selama berlibur di Pulau Berhala.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata terbaru 2024 Pulau Berhala yang berada di Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: traveloka.com