Tips Membersihkan Nama Pada SLIK OJK Untuk Pengajuan KPR

Tips Membersihkan Nama Pada SLIK OJK Untuk Pengajuan KPR

Bersihkan nama pada SLIK OJK Untuk Pengajuan Kpr-freepik-

Cara membersihkan nama pada SLIK OJK

- Mulai dari cek skor kredit pribadi

Untuk pengecekan skor kredit bisa masuk ke halaman resmi OJK atau lewat bank yang aktif digunakan. Bisa coba mengaksesnya pada idebku.ojk.go.id.

Dengan mengetahui skor kredit, nantinya nasabah lebih tahu bagaimana langkah berikutnya. Memahami seberapa parah permasalahan yang terjadi dan mencari jalan untuk keluar.

- Perlahan lunasi semua tunggakan

Dalam skor kredit yang buruk, bisa diperbaiki dengan langkah membayar hutang atau melunasinya. Penilaian skor kredit berasal dari pinjaman online, kartu kredit, KTA dan kredit atau pinjaman lain sebagainya.

Semakin cepat tunggakan dilunasi, artinya semakin cepat juga catatan negatif pada SLIK OJK pudar. Biasanya butuh waktu 1 bulan untuk membuat nama menjadi bersih jika sudah melakukan pemutihan.


Perhitungkan keuangan secara matang-freepik-

- Lanjut dengan pengajuan permohonan pemutihan

Hilangnya pekerjaan atau bencana alam bisa menjadi permasalahan penting dalam pemutihan. Pengajuan pemutihan kepada kreditur tentu menjadi penting. Tapi masalahnya tidak semua nasabah bisa mendapatkan pemutihan nama.

BACA JUGA : Solusi KPR 2024 Macet, Coba Lakukan Langkah Berikut

BACA JUGA : Tips Agar KPR 2024 Cepat Cair, Simak Ulasan Berikut

- Melakukan konfirmasi ke pihak bank

Jika tunggakan yang ada sudah dibayarkan semuanya, tahapan berikutnya nasabah perlu konfirmasi pelunasan. Konfirmasikan kepada bank terkait atau lembaga keuangan jika sudah melunasi semua hutang.

Hal ini bantu nasabah agar pihak bank melaporkan pelunasan cicilan ke SLIK OJK. Dengan begitu pembarauan data jadi lebih cepat karena bantuan pihak bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnbc