Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengisi Air

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengisi Air

Merek mesin cuci terbaik tidak mengisi air-legion-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu barang elektronik di rumah tangga yang kegunaannya sangat membantu untuk penghematan waktu dan tenaga dalam kegiatan mencuci pakaian.

Tetapi, ada kalanya merek mesin cuci terbaik tidak dapat berfungsi dengan baik atau bermasalah, salah satunya yaitu masalah pada mesin cuci yang tidak bisa mengisi air.

Merek mesin cuci yang tidak bisa mengisi air dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah, mulai dari masalah yang sederhana seperti keran air tertutup sampai dengan masalah yang lebih kompleks seperti masalah komponen elektronik.

Dengan mengetahui penyebab merek mesin cuci terbaik tidak bisa mengisi air dan melakukan perawatan dengan tepat bisa membantu memperbaiki masalah ini.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Cara Membuka Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Terkunci Otomatis

Penyebab mesin cuci tidak mengisi air :

1. Pasokan Air Bermasalah

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi yaitu keran air yang menuju ke mesin cuci tertutup atau  malah tidak bisa dibuka sepenuhnya.

Pastikan keran air kondisinya terbuka secara benar dan air bisa mengalir dengan baik. Cek keran air yang terrsambung ke mesin cuci dan pastikan kondisi keran telah terbuka sepenuhnya.

Apabila tekanan air di rumah kamu rendah, maka mesin cuci tida mungkin bisa mengisi air dengan baik. Tekanan air yang rendah dapat dikarenakan adanya masalah pasokan air di sekitar rumah kamu atau ada masalah pipa yang kondisinya tersumbat.

Cek tekanan air di rumah kamu. Apabila tekanan air rendah, kamu mungkin perlu hubungi penyedia layanan air atau mengecek apakah terdapat sumbatan pada pipa.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Kotoran

2. Saluran Air Tersumbat atau Terkait

Apabila saluran pembuangan mesin cuci kondisinya tersumbat atau terkait, maka merek mesin cuci terbaik kemungkinan tidak bisa mengisi air dengan baik.

Cek saluran pembuangan dan pastikan kalau tidak terdapat sumbatan atau masalah yang ada kaitan yang bisa mengganggu aliran air. Bersihkan saluran atau atur ulang saluran bila diperlukan.

3. Filter Saluran Air Tersumbat

Mesin cuci sudah dilengkapi filter di saluran masuk air guna mencegah adanya kotoran masuk ke dalam mesin. Filter ini dapat tersumbat kotoran ataupun endapan mineral, yang menyebabkan aliran air jadi terhambat.

Matikan dan cabut kabel listrik mesin cuci. Lalu filter saluran air dibersihkan dari kotoran dan endapan yang kemungkinan menyumbat aliran air.

4. Switch Tekanan Air Bermasalah

Switch tekanan air fungsinya untuk mendeteksi level air yang ada di dalam mesin cuci. Apabila switch tersebut rusak, maka mesin cuci kemungkinan tidak dapat mengisi air dengan benar. Cek switch tekanan air guna memastikan tidak ada kerusakan. Jika perlu, ganti switch yang rusak.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Inverter Terbaik Harga Mulai Rp1 Jutaan

5. Katup Inlet Air Rusak

Katup inlet air bertugas mengontrol aliran air yang menuju ke dalam mesin cuci. Apabila katup ini mengalami rusak atau terjadi kegagalan, maka mesin cuci tidak akan mampu untuk mengisi air. 

Apabila kamu mempunyai pengetahuan teknis, kamu bisa mengecek katup inlet air dengan menggunakan multimeter untuk memastikan apakah masih bisa berfungsi. Apabila rusak, maka ganti dengan yang baru. Apabila kamu ragu, alangkah lebih baik kamu panggil teknisi profesional.

6. Pintu Mesin Cuci Tidak Tertutup Rapat

Mesin cuci dibuat untuk tidak mengisi air apabila kondisi pintunya tidak tertutup rapat sebagai langkah pengamanan. Sensor yang ada di pintu mesin cuci mungkin sedang bermasalah atau pintu mesin cuci memang tidak tertutup secara benar.

Pastikan kalau pintu mesin cuci kondisinya tertutup dengan benar dan aman. Apabila masalah tetap ada, cek sensor pintu dan pastikan kalau sensor tersebut berfungsi dengan baik. Ganti sensor apabila diperlukan.

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Kamar Mandi

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading Harga Di Bawah Rp5 Juta

7. Timer atau Kontrol Elektronik Bermasalah

Mesin cuci modern biasanya sudah dilengkapi kontrol elektronik yang kompleks. Apabila ada masalah di timer ataupun kontrol elektronik, maka mungkin mesin cuci tidak bisa mengisi air.

Cek panel kontrol guna memastikan tidak terdapat kesalahan di pengaturan. Apabila masalah berlanjut, mungkin kamu perlu mengganti timer atau komponen elektronik yang sudah rusak. Konsultasikan pada teknisi apabila kamu tidak yakin.

8. Kesalahan Pengaturan Program

Terkadang masalah pada mesin cuci yang tidak mengisi air penyebabnya bisa karena kesalahan pada pengaturan program di mesin cuci. Beberapa model mesin cuci mungkin mempunyai pengaturan tertentu yang bisa berpengaruh pada aliran air.

Cek manual mesin cuci dan pastikan kalau program yang kamu pilih tidak membatasi aliran air. Setel ulang program apabila diperlukan.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Apabila semua langkah di atas telah dilakukan tapi mesin cuci masih saja tidak bisa mengisi air, lebih baik kamu hubungi teknisi profesional untuk melakukan pengecekan yang lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang tidak mengisi air. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id