Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

Penyebab merek meisn cuci terbaik berjalan sendiri-user19622617-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik di rumah yang sangat membantu kehidupan dalam kegiatan mencuci pakaian sehari-hari.

Tetapi, seperti halnya pada alat elektronik rumah tangga yang lainnya, merek mesin cuci terbaik juga bisa terjadi masalah teknis.

Masalah yang cukup mengganggu salah satunya yaitu saat merek mesin cuci terbaik berjalan sendiri atau berpindah tempat ketika sedang beroperasi.

Fenomena tersebut tidak hanya bisa mengganggu, namun juga dapat membahayakan apabila tidak segera ditangani secara benar.

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading Harga Di Bawah Rp5 Juta

Beberapa penyebab mesin cuci berjalan :

1. Kaki Mesin Cuci Tidak Stabil

Kaki merek mesin cuci terbaik yang keadannya tidak stabil atau longgar dapat menyebabkan mesin cuci jadi bergeser ketika sedang beroperasi.

Kaki yang pemasangannya tidak pas atau sudah aus dapat membuat mesin cuci jadi tidak dapat berdiri dengan kokoh, sehingga mesin cuci akan mudah berpindah tempat.

Cek semua kaki pada mesin cuci dan pastikan terpasang semuanya dengan kencang dalam kondisi yang baik. Apabila terdapat kaki yang aus ataupun rusak, segera ganti dengan yang baru.

Beberapa dari mesin cuci mempunyai kaki yang dapat disesuaikan dengan ketinggiannya guna membantu menjaga kestabilannya.

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Kamar Mandi

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berhenti Berputar

2. Keseimbangan Beban Tidak Tepat

Saat pakaian tidak tersebar dengan merata di dalam drum mesin cuci, maka beban yang tidak seimbang tersebut akan mengakibatkan mesin jadi bergetar dengan lebih keras dari biasanya. Getaran tersebut bisa lumayan kuat untuk membuat mesin cuci jadi pindah tempat.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu selalu menyeimbangkan beban dari cucian. Upayakan kamu tidak mencuci pakaian terlalu sedikit atau pakaian terlalu banyak dalam satu siklus. 

Apabila kamu mencuci 1 item yang besar seperti selimut ataupun handuk yang tebal, tambahlah beberapa item  yang kecil agar beban seimbang.

3. Pemakaian Penahan Getaran atau Matras Tidak Benar

Beberapa orang memakai matras ataupun penahan getaran yang diletakkan di bawah mesin cuci guna mengurangi kebisingan dan getaran. Tetapi, apabila tidak terpasang secara benar, maka hal itu dapat membuat mesin cuci jadi tidak stabil dan bergeser selama berlangsungnya siklus pencucian.

Pastikan kalau matras atau penahan getaran tersebut terpasang dengan benar dan tidak mengakibatkan mesin cuci jadi tidak stabil. Apabila perlu, pakailah matras atau penahan yang sudah direkomendasikan dari pabrik mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Tanda - Tanda Gearbox Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

4. Permukaan Tidak Rata

Mesin cuci yang diletakkan di permukaan tidak rata juga dapat jadi penyebab utama dari mesin yang berjalan sendiri. Saat mesin cuci beroperasi, terutama saat selama siklus pemintalan yang cepat, maka getaran yang dihasilkan bisa menyebabkan mesin cuci bergeser bila tidak ditaruh di permukaan yang rata.

Jadi, pastikan agar merek mesin cuci terbaikmu terletak di permukaan yang kondisinya stabil dan rata. Kamu bisa memakai leveler ataupun alat pengukur guna memastikan kalau mesin cuci berada di posisi yang benar.

Beberapa mesin cuci telah dilengkapi kaki yang bisa disesuaikan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

5. Pengaturan Kecepatan Spin Terlalu Tinggi

Semakin tinggi kecepatan spin, maka akan semakin besar juga getaran yang dihasilkan, terutama bila mesin cuci kondisinya tidak stabil atau beban mesin cuci tidak seimbang.

Apabila kamu sering mengalami masalah mesin cuci yang berjalan sendiri, coba kamu kurangi kecepatan spin. Pengaturan yang lebih rendah akan membuat getaran yang dihasilkan lebih sedikit dan mengurangi risiko terjadinya mesin cuci berpindah tempat.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah Kecil Agar Terlihat Bersih Rapi

6. Masalah Suspensi atau Peredam Kejut

Biasanya mesin cuci dilengkapi sistem suspensi dan peredam kejut guna mengurangi getaran. Apabila komponen-komponen tersebut rusak ataupun aus, maka mesin cuci akan bergetar dengan lebih hebat dari biasanya, yang dapat membuat mesin berjalan sendiri.

Apabila kamu mencurigai ada masalah di suspensi ataupun pada peredam kejut, maka sebaiknya kamu panggil teknisi profesional untuk mengecek dan mengatasi komponen yang rusak.

Jangan kamu coba memperbaiki sendiri apabila kamu tidak mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai mesin cuci.

7. Pemasangan Tidak Tepat

Mesin cuci yang tidak terpasang dengan tepat sejak awal dapat menyebabkan berbagai macm masalah, termasuk juga masalah mesin berjalan sendiri.

Kesalahan pemasangan dapat meliputi banyak hal, seperti pemasangan selang yang tidak tepat dan penyambungan kabel yang tidak aman.

Pastikan kalau mesin cuci kamu dipasang oleh teknisi yang profesional atau mengikuti panduan pemasangan secara cermat apabila kamu memasangnya sendiri.

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Air Tidak Keluar, Begini Solusinya

BACA JUGA : Tips Dan Trik Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah Dan Efektif

Penegecekan secara berkala oleh teknisi juga dapat membantu mendeteksi dan mengatasi kesalahan pemasangan yang kemungkinan terjadi.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab merek mesin cuci terbaikmu berjalan sendiri. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id