Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Goa Jepang Kaliurang, Saksi Sejarah Perjuangan Masyarakat Jogja

Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Goa Jepang Kaliurang, Saksi Sejarah Perjuangan Masyarakat Jogja

Wisata terbaru 2024 Goa Jepang di Kaliurang, Yogyakarta-alodiatour.com-

diswayjogja.com – Daerah Kaliurang, Yogyakarta menawarkan lebih dari sekadar panorama alam yang memukau. Di balik itu, ada sebuah wisata terbaru 2024 sejarah yang mengundang rasa penasaran, yaitu Goa Jepang.

Objek wisata terbaru 2024 Goa Jepang ini dibangun di masa penjajahan Jepang yag menyimpan jejak kelam sejarah dan menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Yogyakarta.

Menelusuri lorong-lorong goa yang remang-remang, pengunjung yang datang ke tempat wisata terbaru 2024 ini akan diajak kembali ke masa lampau serta merasakan atmosfer mencekam

Sebelum mengunjungi destinasi wisata terbaru 2024 Goa Jepang ini, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Embung Langensari Jadi Pilihan Alternatif Habiskan Waktu Sore Jogja

BACA JUGA : Liburan Sambil Menambah Wawasan, Simak Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta

Sejarah Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang merupakab goa komplek yang berada di lereng gunung Merapi. Goa ini dibangun antara tahun1942-1945 yang dipahat secara paksa oleh rakya Jogja atas perintah tentara Jepang.

Tujuan dari pembagunan goa ini adalah sebagai tempat berlindung dan penyimpanan logistik, hingga tempat penyiksaan dan pertahanan.

Konon katanya, ada 25 goa yang terhubung satu sama lain, dengan lorong-lorong sempit dan ventilasi minim. Sementara di dalam goa tersebut ada ruangan-ruangan kecil yang diduga digunakan sebagai tempat interogasi dan penyiksaan.

Ukuran dan Bentuk Goa Jepang Kaliurang

Destinasi wisata terbaru 2024 goa ini memiliki bentuk yang unik dengan jumlah pintu masuk dan lorong yang saling terhubung. Goa ini cukup panjang dan terdiri dari beberapa ruangan yang berukuran beragam.

Saat memasuki gerbang kompleks goa, pengunjung akan disuguhkan dengan lorong-lorong sempit dan gelap. Tinggi rata-rata goa berkisar antara 1,5-2 meter, dengan lebar yang bervariasi antara 1-3 meter.

Dinding goa terbuat dari batu andesit, dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami. Suasana di dalam goa terasa lembab dan sejuk, dengan udara yang beraroma khas tanah dan batu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Spot Nongkrong Malam Hari Jogja dengan Suasana Istimewa

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Hotel Unik Jogja dengan Segala Fasilitas Menarik dan Murah

Spot Foto di Goa Jepang Kaliurang

Bagi kalian yang ingin mengunjung Goa Jepang Kaliurang, bersiaplah untuk menjelajahi lorong-lorong sejarah dan keindahan tersembunyi di dalamnya. Di sini, ada beberapa spot foto menarik yang wajib untuk diabadikan, yaitu

Lorong Goa yang Menawan

Memasuki Goa Jepang, pengunjung akan disuguhkan dengan lorong-lorong panjang yang dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang lorong goa yang unik dan bersejarah.

Relief dan Lukisan di Dinding Goa

Di beberapa bagian goa, pengunjung akan menemukan relief dan lukisan yang menceritakan kisah perjuangan rakyat Yogyakarta melawan penjajah. Spot ini menjadi tempat yang menarik untuk berfoto sambil mempelajari sejarah kelam bangsa.

Pemandangan Alam di Luar Goa

Setelah puas menjelajahi goa, jangan lupa untuk mengabadikan momen di luar goa. Pemandangan alam yang indah dengan pepohonan rindang dan Gunung Merapi di kejauhan menjadi latar belakang foto yang sempurna.

Lokasi Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Untuk mencapai goa ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Akses menuju ke lokasi ini cukup mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan pribadi.

BACA JUGA : Pecinta Seni Wajib Datang, Spot Wisata Terbaru 2024 Kesenian Jogja, Berikut Rekomendasinya

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Desa Wisata Jogja Tawarkan Aktivitas Outbond Seru

Jam Operasional dan HTM Goa Jepang Kaliurang

Obje wisata terbaru 2024 Goa Jepang Kaliurang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Sementara untuk harga tiket masuk ke Goa Jepang Kaliurang, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang.

Dengan sejuta pesona sejarah dan kealamian alamnya, objek wisata terbaru 2024 Goa Jepang Kaliurang menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: