Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

penyebab dan cara mengatasi merek mesin cuci terbaik bau tikus-freepik-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi sebuah alat elektronik yang perannya cukup penting dalam rumah tangga, namun terkadang timbul sebuah beberapa masalah yang mengkhawatirkan.

Tidak jarang merek mesin cuci terbaik dapat mengeluarkan bau tidak sedap, seperti bau tikus, yang tentu hal itu akan sangat mengganggu.

Merek mesin cuci terbaik yang bau tikus merupakan sebuah masalah yang membuat pemiliknya jadi merasa tidak nyaman.

Bau tikus yang ada pada merek mesin cuci terbaik tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi juga dapat menjadi tanda ada masalah yang serius yang harus segera ditangani.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Satu Arah

BACA JUGA : Tanda - Tanda Gearbox Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak

Beberapa penyebab mesin cuci bau tikus :

1. Sisa-sisa Makanan dan Kotoran Tikus

Tikus yang ada di sekitar mesin cuci kemungkinan akan meninggalkan sisa makanan ataupun kotoran. Sisa makanan yang tertinggal dapat membusuk dan menghasilkan bau. Kotoran tikus mempunyai bau yang sangat kuat dan dapat menyebar secara cepat.

2. Kehadiran Tikus di Sekitar Mesin Cuci

Tikus sering mencari tempat yang hangat dan lembap untuk mereka bersarang. Terutama mesin cuci yang diletakkan di area yang jarang dibersihkan ataupun dicek, itu bisa menjadi tempat favorit untuk tikus. Adanya tikus ini bisa meninggalkan bau yang khas yang tidak enak.

3. Kelembapan yang Berlebih

Mesin cuci yang kondisinya selalu lembap akan menjadi sumber bau yang tidak sedap. Kelembapan tersebut bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan jamur, serta dapat menarik perhatian tikus yang sedang mencari tempat yang lembap dan hangat.

4. Penumpukan Kotoran di Mesin Cuci

Mesin cuci yang tidak rutin dibersihkan dapat mengalami penumpukan kotoran dalam drum atau di bagian yang lainnya. Kotoran tersebut bisa menjadi tempat untuk bakteri dan jamur berkembangbiak, yang akhirnya menimbulkan bau yang tidak sedap.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik: Jenis-jenis, Kekurangan dan Kelebihan

BACA JUGA : Mencuci Sambil Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik, Simak Penjelasannya Disini

5. Saluran Pembuangan Kotor

Jika saluran pembuangan di mesin cuci jarang dibersihkan maka kemungkinan jadi tempat untuk kotoran dan sisa deterjen berkumpul, serta kemungkinan menjadi sarang bagi tikus. Saluran yang kotor dan tersumbat bisa menimbulkan bau yang tidak sedap yang sama seperti bau tikus.

Langkah-langkah Menghilangkan Bau Tikus pada Mesin Cuci

1. Bersihkan Mesin Cuci Dengan Rutin

- Gunakan Air Panas dan Cuka

Drum mesin cuci diisi dengan air panas dan tambah 1 cangkir cuka putih. Jalankan siklus pencucian tanpa ada pakaian di dalamnya. Cuka putih bisa efektif membunuh bakteri dan menghilangkan bau pada meisn cuci.

- Bersihkan Filter dan Saluran Pembuangan

Cek kemudian bersihkan filter serta saluran pembuangan meisn cuci. Pastikan kalau tidak ada sumbatan atau menumpuknya kotoran.

- Lap Bagian Luar dan Dalam

Untuk membersihkan di bagian luar dan dalam merek mesin cuci terbaik, pakai kain lembap yang telah dibasahi dengan campuran air dan cuka. Jangan lupa bersihkan juga laci deterjen dan disekitaran drum.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah Kecil Agar Terlihat Bersih Rapi

2. Gunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang efektif menyerap bau yang tidak sedap. Tabur baking soda ke dalam drum mesin cuci dan biarkan dalam waktu beberapa jam ataupun semalaman. Setelah itu, jalankan siklus pencucian kosong dengan air yang panas untuk membersihkan sisa-sisa dari baking soda.

3. Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis mempunyai sifat antibakteri dan aroma yang segar yang mampu menghilangkan bau tidak sedap. Peras beberapa lemon ataupun jeruk nipis, kemudian tambah air perasannya dalam drum mesin cuci. Jalankan siklus pencucian kosong (tanpa pakaian) dengan menggunakan air yang panas.

4. Periksa dan Perbaiki Kebocoran

Cek mesin cuci untuk memastikan kalau tidak terdapat kebocoran air yang dapat menyebabkan kelembapan yang berlebih. Apabila ada kebocoran, perbaiki segera atau kamu panggil teknisi ahli untuk mengatasinya. Kelembapan yang berlebih akan menjadi magnet untuk tikus dan menyebabkan munculnya bau tidak sedap.

5. Gunakan Disinfektan

Setelah mesin cuci dibersihkan, pakai disinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin tertinggal. Semprot disinfektan ke dalam drum mesin cuci, laci deterjen, dan area yang lain yang terpapar. Biarkan beberapa menit, kemudian lap bersih menggunakan kain lembap.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

BACA JUGA : Trik Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar Agar Tidak Bergeser

6. Jaga Kebersihan Lingkungan di Sekitar Mesin Cuci

Pastikan kalau area di sekitar mesin cuci selalu kering dan bersih. Jangan menumpuk barang-barang di sekitaran mesin cuci yang bisa jadi sarang tikus. Bersihkan lantai dan dinding dengan rutin untuk menghindari dari debu dan kotoran menumpuk.

7. Gunakan Produk Anti Tikus

Apabila kamu sering menemukan beberapa tanda kehadiran tikus di sekitar mesin cuc kamui, kamu bisa gunakan produk anti tikus seperti perangkap ataupun pengusir tikus ultrasonik.

Taruh perangkap di area yang sering dilewati tikus. Pengusir tikus ultrasonik dapat membantu mengusir tikus tanpa adanya kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tikus pada merek mesin cuci terbaikmu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id