Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

membersihkan segel karet pintu merek mesin cuci terbaik-khabaevg-freepik.com

diswayjogja.com - Segel karet pintu merek mesin cuci terbaik merupakan komponen penting yang akan membuat mesin cuci kamu dapat berfungsi dengan baik dan untuk mencegah air bocor.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, segel karet ini bisa menjadi tempat kumpulnya kotoran, bakteri dan jamur yang bisa mengganggu kebersihan dan kinerja merek mesin cuci terbaik kamu.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk dengan teratur membersihkan segel karet pintu merek mesin cuci terbaik kamu dengan benar.

Jika kamu tahu tentang cara membersihkan segel karet pintu merek mesin cuci terbaik dengan benar, maka mesin cuci kamu akan jadi awet dan tidak mudah rusak.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

BACA JUGA : Trik Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar Agar Tidak Bergeser

Siapkan perlengkapan berikut ini :

1. Cuka putih

Cuka putih mampu membantu menghempaskan bakteri dan jamur.

2. Kain lembut

Kamu akan memerlukan kain yang lembut, seperti kain mikrofiber ataupun spons untuk membersihkan segel karet.

3. Botol semprot

Kamu akan membutuhkan botol semprot untuk mengaplikasikan cuka putih.

4. Deterjen ringan atau Sabun cuci piring cair

Nantinya akan dipakai untuk membersihkan segel karet.

BACA JUGA : Tips Dan Trik Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah Dan Efektif

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Laundry Langsung Kering, Cek Harganya Disini

5. Air hangat

Air hangat digunakan untuk melarutkan jamur dan kotoran.

6. Sikat gigi bekas yang tidak dipakai

Sikat gigi bekas yang lembut yang telah tak dipakai lagi bisa digunakan untuk membersihkan pada bagian segel karet yang sulit untuk dijangkau.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan segel karet pintu mesin cuci :

1. Matikan Mesin Cuci

Pastikan bahwa merek mesin cuci terbaik kamu dalam kondisi mati sebelum kamu memulai proses pembersihan. Hal ini merupakan tindakan keamanan yang paling penting.

2. Bersihkan Permukaan Kasar

Apabila terdapat sisa-sisa kotoran ataupun serpihan yang berukuran besar di segel karet, pakai sikat gigi bekas yang sudah tidak dipakai lagi untuk membersihkannya secara lembut. Pastikan kamu tidak membuat segel karet rusak.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Dari Kotoran

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

3. Buat Larutan Pembersih

Campur sedikit sabun cuci piring yang cair atau deterjen yang ringan dengan air yang hangat ke dalam mangkuk berukuran kecil. Deterjen dilarutkan sampai airnya berbusa.

4. Basahi Kain dengan Larutan Pembersih

Kain yang lembut dicelupkan ke larutan pembersih yang sudah dibuat tadi. Pastikan kain tersebut kondisinya benar-benar basah, namun tidak terlalu basah yang berlebihan sampai menggocok-gocok.

5. Bersihkan Segel Karet

Gosok secara lembut segel karet pintu mesin cuci menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan larutan pembersih tadi. Fokuslah di area yang tampak kotor dan berjamur. Kamu bisa mengulangi langkah ini beberapa kali hingga segel karet tampak bersih.

6. Bilas dengan Air Bersih

Untuk menghilangkan residu dari deterjen, segel karet dibersihkan dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air bersih. Pastikan kondisi segel karet mesin cuci sudah benar-benar kering setelahnya.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

BACA JUGA : Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

7. Periksa Bagian Tersembunyi

Cek bagian yang tersembunyi dari segel karet yang kemungkinan tidak tampak dengan mudah. Apabila masih ada sisa jamur ataupun kotoran, pakailah sikat gigi yang bekas yang tidak terpakai untuk membersihkannya dengan hati-hati.

8. Pakai Cuka Putih (Opsional)

Kamu bisa gunakan cuka putih untuk membersihkan secara lebih mendalam atau untuk menghilangkan bau tak sedap. Campur air dan cuka putih dengan perbandingan 1 : 1 di dalam botol semprot.

Campuran cuka tersebut disemprotkan ke segel karet dan biarkan dalam waktu selama beberapa menit. Lalu gunakan kain yang lembut atau gunakan spons untuk membersihkannya. Bilas pakai air yang bersih setelahnya dan segel karet kamu keringkan sepenuhnya.

9. Keringkan Segel Karet

Pastikan kondisi segel karet benar-benar kering sesudah proses pembersihan telah selesai. Kmau bisa gunakan kain yang bersih atau tisu untuk mengeringkannya secara lembut.

Pastikan tidak terdapat kelembaban yang masih tersisa, sebab kelembapan bisa menjadi tempat jamur dan bakteri berkembangbiak.

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

10. Hidupkan Mesin Cuci

Setelah keadaan segel karet tersebut kering, kamu bisa nyalakan lagi mesin cuci kamu dan lanjutkan pemakaiannya seperti biasa.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dalam memebrsihkan segel karet pintu merek meisn cuci terbaik yang benar agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id