Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

cara yang benar yang harus kamu lakukan dalam mencuci bantal di dalam merek mesin cuci terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Bantal harus dicuci dengan rutin supaya kebersihannya tetap terjaga. Kamu harus paham cara mencuci bantal di merek mesin cuci terbaik dengan benar sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah.

Cara mencuci bantal dengan merek mesin cuci terbaik sebenarnya sangat mudah dan tidak jauh beda dengan proses mencuci baju. Bantal perlu dicuci secara rutin agar selalu bersih.

Alangkah baiknya kamu mencuci bantal dengan merek mesin cuci terbaik minimal sebanyak 4 kali dalam satu tahun atau bisa lebih sering lagi jika bantal kamu sudah tampak kotor.

Berbagai jenis material bantal seperti serat sintetis, kapas, kapuk, dan bulu angsa dapat dicuci di merek mesin cuci terbaik.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Laundry Pemula

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

Proses pencucian bantal lebih baik dilakukan dengan mode lembut dan memakai air hangat agar bantal bisa bersih dengan maksimal tanpa membuat teksturnya rusak. Kamu hanya perlu siapkan sepertiga takaran detergen untuk membersihkan bantal hingga tuntas.

Sebelum kamu melakukan cara mencuci bantal di merek mesin cuci terbaik, kamu harus perhatikan label petunjuk perawatan yang ada di bantal.

Hal itu karena sebagian material dari bantal lainnya seperti memory foam  dan lateks tidak dapat dicuci menggunakan merek mesin cuci terbaik.

Proses pembersihan kedua material tersebut lebih baik dilakukan dengan teknik kering atau mengandalkan vacuum cleaner atau mengelapnya menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan air sabun yang ringan.

BACA JUGA : Cara Memasang Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Sendiri

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik Sesuai Jenisnya

Berikut ini cara mencuci bantal di dalam mesin cuci dengan benar :

1. Lepas sarung bantal dari bantalnya. Cara ini harus tetap dilakukan walaupun kamu ingin mencuci sarung bantal dan bantalnya secara sama-sama. Karena sarung bantal akan membuat proses pencucian jadi terhambat sehingga membuat bantal jadi kurang bersih.

2. Masukkan 1/3 takaran detergen dari takaran detergen normal yang biasa kamu gunakan ketika kamu mencuci pakaian. Apabila memungkinkan, pakai detergen cair yang bisa membersihkan dengan efektif tanpa meninggalkan residu di permukaan bantal.

3. Pilih proses pencucian yang lembut dan pemakaian airnya yang hangat jika ada. Air hangat akan sangat ampuh untuk membersihkan bantal sampai pada bagian yang paling dalam.

4. Jika bantal kondisinya sangat kotor dan air dari hasil bilasannya masih keruh, maka sebaiknya kamu mengulangi pencucian sekali lagi dengan siklus lembut. Pencucian ulang tersebut sangat penting dilakukan untuk menyingkirkan kotoran yang ada di bantal dengan maksimal.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Untuk Hasil Maksimal

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

5. Apabila memungkinkan, pilihlah siklus pembilasan kedua untuk memastikan kalau bantal kamu sudah benar-benar bersih dari sisa-sisa sabun. Tetapi, kamu bisa menunggu sampai proses pencucian bantal selesai sebelum kamu mengulangi pembilasan jika mesin cuci kamu tidak dilengkapi dengan fitur pembilasan kedua.

6. Bantal dikeringkan sampai keadaannya jadi lembap tanpa adanya tetesan air.

7. Jika bantal telah benar-benar kering, kamu dapat menepuk-nepuknya supaya teksturnya bisa kembali seperti semula kemudian menjemurnya pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari akan mengeringkan bantal sekaligus bisa membuat bantal jadi higienis.

Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kalau bantal kamu harus segera diganti :

1. Bantal sudah sangat tampak kusam dan dipenuhi dengan noda.

2. Bantal menimbulkan bau yang aneh meski telah dicuci hingga benar-benar bersih.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

3. Elastisitas bantal menurun secara drastis sehingga membuat bentuk bantal tidak dapat kembali saat ditekuk.

4. Tekstur dari bantal sudah sangat kempes dan sudah tipis.

5. Kamu sering mengalami gangguan kesehatan saat memakai bantal tersebut, misal sakit kepala, bangun tidur dengan kondisi leher yang kaku, bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Pemakaian bantal dalam waktu yang terlalu lama dan jarang sekali kamu cuci akan jadi sarang tungau debu dan tempat untuk jamur berkembangbiak. Itulah kenapa pemakaian bantal yang sudah kotor dapat memicu berbagai macam gangguan pada kesehatan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekan untuk mencuci bantal di dalam merek mesin cuci terbaik agar kondisi bantal selalu bersih. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia