4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Mungkin kamu pernah menjumpai merek kulkas terbaikmu tidak dingin meski kompresornya terasa panas saat diraba. Tapi jangan salah, karena walaupun kompresor adalah komponen yang utama pada kulkas, tetapi kerja sistem pendingin kulkas juga didukung beberapa komponen yang lainnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa meskipun ketika diraba kompresor merek kulkas terbaikmu terasa panas, itu bukan berarti kulkas sudah dapat berfungsi dengan normal.

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

Karena kerusakan yang terjadi pada komponen kulkas yang lain juga bisa bmengakibatkan merek kulkas terbaik yang tidak bisa dingin meski kompresor bisa bekerja secara normal.

Kamu harus mengenali penyebab dari merek kulkas terbaik yang tidak dingin tapi kompresornya panas. Kita bisa periksa satu persatu komponen-komponen yang dicurigai jadi penyebab kulkas tidak dingin tetapi kompresornya masih berfungsi dengan normal.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

1. Pipa kapiler mampet

Pipa kapiler yang mampet bisa mengakibatkan aliran pada gas freon yang ada di dalam pipa jadi terhambat, sehingga membuat sirkulasi freon tidak bisa terjadi.

Hal tersebut mengakibatkan suhu dalam freezer kulkas jadi tidak dingin meski kompresor masih dapat hidup secara normal.

Mampetnya pipa kapiler dapat disebabkan oleh kotoran atau terbentuknya kerak di dalam pipa yang semakin lama akan makin menumpuk sehingga akan menghalangi aliran gas freon kulkas.

Untuk mengatasi masalah ini, pipa harus kamu bersihkan dengan menggunakan cairan khusus yang bisa melarutkan kotoran yang membuat pipa tersumbat.

2. Gas freon bocor

Kebocoran yang terjadi pada gas freon merek kulkas terbaik di sepanjang pipa kapiler pendingin merek kulkas terbaik, baik itu di kondenser ataupun di evaporator.

Kebocoran pada freon ini biasanya terjadi karena terkena tusukan dari logam yang tajam ketika kamu sedang berusaha membersihkan kulkas.

Akibat dari kebocoran pipa kapiler ini membuat pendinginan pada kulkas tidak dapat berjalan secara maksimal. Apabila freon sampai habis akibat dari kebocoran tersebut maka bisa menyebabkan kulkas kamu tidak bisa dingin sama sekali.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Di Belakang Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

3. Gas freon habis

Gas freon atau refrigerant sifatnya gampang sekali untuk menyerap panas dan memiliki titik didih yang rendah. Sehingga cocok dipakai di sistem pendingin pada kulkas ataupun AC.

Ketika kulkas telah kehabisan freon, maka tidak akan ada lagi zat yang bisa menyerap panas yang ada di dalam evaporator.

Hal ini mengakibatkan suhu dalam kulkas tidak akan jadi dingin meski kompresor kulkas secara terus menerus bekerja dan jadi panas.

4. Kompresor mengalami masalah

Biasanya hal ini penyebabnya yaitu karena kerusakan yang terjadi di bagian mekanisme pompa dalam kompresor. Kompresor merek kulkas terbaik pada dasarnya yaitu sebuah pompa listrik yang fungsinya untuk menghisap dan mengalirkan gas freon di pipa kapiler pendingin.

Di dalam kompresor, ada kumparan yang memutar rotor dan terdiri dari mekanis pompa, seperti piston dan klep.

Jika komponen mekanis pompa kompresor mengalami masalah, maka akan membuat fungsi kompresor untuk menghisap dan mengalirkan gas freon jadi tidak bisa bekerja meski rotor kumparan masih dapat berputar.

Seluruh komponen kompresor pada kulkas keberadaannya ada di dalam tabung yang dirancang permanen, sehingga tidak bisa dibuka secara mudah.

Untuk membukanya dan melihat di bagian-bagian dari kompresor kamu pelru membelah tabung kompresor tersebut dengan memakai gerinda.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Akibat kompresor merek kulkas terbaikmu terlalu panas :

Apabila kamu terlalu lama membiarkan kompresor kulkas nyala meski suhu kulkas sedang tidak dingin, maka yang akan terjadi yaitu peningkatan suhu pada kompresor.

Pada umumnya peningkatan suhu kompresor yang panas tersebut tidak akan membuat kompresor rusak karena ada komponen overload protector.

Overload protektor tersebut akan melindungi kompresor dari terjadinya kerusakan akibat dari over heating atau panas yang berlebihan dengan cara memutus aliran listrik yang menuju pada kompresor saat suhu kompresor sudah mencapai pada derajat panas tertentu.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin tapi kompresor kulkasnya panas. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ruang teknisi