5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin-www.freepik.com-

DISWYA JOGJA - Terdapat beberapa penyebab merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu kamu tidak dingin. Penyebab yang paling sering terjadi yaitu karena sistem defrost pada kulkas tidak dapat bekerja atau gas freon yang ada dalam kulkas sudah habis.

Sistem deforst pada merek kulkas terbaik fungsinya untuk mencairkan lapisan bunga es yang ada di sekitar pipa evaporator kulkas, sedangkan gas freon memiliki peran yang besar dalam operasional sistem pendingin pada kulkas. Tanpa ada gas freon, kulkas tidak akan bisa bekerja secara normal.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Solusi yang paling mudah untuk mengetahui adanya kerusakan pada merek kulkas terbaik Samsung yang tidak dingin tersebut yaitu dengan cara baca buku panduan kulkas kamu yang diberikan oleh pabrik pembuatnya saat kamu beli kulkas.

tetapi jika kamu tidak mempunyai buku panduan untuk mengatasi kerusakan merek kulkas terbaik Samsung, kamu tidak perlu khawatir, kamu harus ketahui apa saja penyebab dari kulkas Samsung 2 pintu kamu mengalami tanda kerusakan tidak dingin.

Berikut penyebab kerusakan pada kulkas samsung 2 pintu  :

1. Defrost tidak bekerja

Keberadaan pipa evaporator kulkas Samsung 2 pintu ada di belakang freezer. Evaporator berfungsi  menghasilkan suhu udara dingin yang akan dihembuskan ke dalam freezer oleh kipas evaporator dan sebagian akan mengalir pada ruangan bawah kulkas. Sehingga suhu dalam kulkas jadi dingin.

Namun, saat sistem defrost tidak bekerja, maka akan timbul tumpukan bunga es pada area evaporator yang menyebabkan berkurangnya volume di area evaporator akibat banyaknya lapisan es pada area evaporator, sehingga mengakiabtkan kulkas kamu menjadi tidak dingin.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Hal itu karena volume udara dingin yang dihembuskan kipas evaporator tidak cukup untuk membuat ruangan kulkas dingin. Apabila tumpukan es makin besar, kadang bisa menghambat putaran kipas evaporator. Sehingga kipas tidak bisa berputar untuk menghembuskan udara yang dingin ke ruangan kulkas.

Kerusakan pada kulkas Samsung 2 pintu yang tidak dingin akibat dari sistem defrost yang tidak bekerja ditandai dengan adanya bunga es yang numpuk pada area evaporator.

Kamu harus membuka tutup belakang pada freezer untuk melihat keadaan evaporator ini.

2. Freon kulkas habis

Gas freon bersirkulasi di jaringan komponen pendingin pada kulkas, seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan katup ekspansi.

Sirkulasi gas freon bertugas menyerap suhu panas yang ada di dalam kulkas dan mengeluarkannya lewat pipa kondensor.

Gas freon yang ada pada kulkas tidak akan bisa habis jika tidak ada yang bocor di jaringan pipa dan di komponen pendingin kulkas.

Gas freon bisa bertahan lama sebab mengalami siklus tetap tanpa membuat kapasitasnya berkurang.

Namun, apabila terjadi kebocoran pipa atau komponen pendingin kulkas, maka bisa mengakibatkan gas freon tersebut bocor dan habis.

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

3. Gas freon mampet

Kendala ini terjadi sebab aliran gas freon yang bertugas memindahkan panas dari dalam kulkas mengalami gangguan. Kondisi ini umumnya terjadi di kulkas Samsung yang berusia lama atau lebih dari 4 tahun. Penyebabnya karena penumpukkan kotoran dan debu minyak pelumas di pipa pendingin kulkas.

Penumpukan kotoran yang menyebabkan gas freon mampet biasanya terjadi di kondensor kulkas, filter atau di pipa kapiler kulkas.

Untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan flishing atau pemebersihan pada pipa pendingin dengan memakai cairan pembersih yang khusus.

4. Kompresor kulkas rusak

Jika merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu kamu tidak dingin tetapi lampu kulkas menyala, bisa jadi penyebabnya adalah kompresor kulkas tidak berfungsi atau sudah mati.

Kompresor kulkas adalah komponen kulkas yang fungsinya membuat gas freon bersirkulkasi di komponen pendingin kulkas dan dalam jaringan pipa.

Apabila kompresor terkendala kerusakan, maka dapat  dipastikan proses pendinginan pada kulkas tidak akan bisa berjalan. Kerusakan yang terjadi di kompresor bisa karena kumparan dinamo kompresor yang putus atau komponen overload dan relay tidak dapat bekerja.

5. Sistem kelistrikan kulkas bermasalah

Di sistem kelistrikan kulkas Samsung 2 pintu ada beberapa komponen pendukung seperti timer, soket perkabelan dan switch.

Kamu harus mengecek tiap kabel dan sambungan soket kabel untuk memastikan bahwa tidak ada jalur kelistrikan yang mengalami putus.

Masalah ini biasanya ditandai dengan lampu kulkas yang tidak menyala atau komporesor kulkas tidak ada bunyinya.

BACA JUGA : Tips Mudah Menata Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu tidak dingin yang sering terjadi  pada kulkas Samsung. Apabila kerusakan kulkas lumayan parah,  sebaiknya kamu hubungi jasa layanan perbaikan kulkas supaya segera diatasi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: