Apakah Normal Jika Kompresor Merek Kulkas Terbaik Panas, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Apakah Normal Jika Kompresor Merek Kulkas Terbaik Panas, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Normal atau Tidak Jika Kompresor Merek Kulkas Terbaik Panas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat kamu sedang membersihkan merek kulkas terbaik terutama pada bagian belakang kulkas yang ada mesin kompresor kulkas, mungkin tanpa disengaja tubuh ataupun tangan kamu akan menyentuh kompresor tersebut.

Ketika menyentuh kompresor merek kulkas terbaik akan terasa panas di body kompressor. Kamu juga mungkin akan berpikir, kompresor kulkas yang panas tersebut apakah normal atau tidak. Sedangkan kulkas kamu masih bisa berfungsi secara normal bahkan masih dapat membuat es batu secara cepat.

Seperti komponen pada alat elektronik yang lainnya, kompresor merek kulkas terbaik juga pasti akan menghasilkan panas akibat dari adanya pembuangan atau disisipasi panas yang dihasilkan kumparan dinamo pada kompresor.

BACA JUGA : Penting Diperhatikan, Ini Suhu Normal Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu

Jadi pada umumnya kompresor merek kulkas terbaik yang panas adalah sebuah kondisi yang normal terjadi dan bukan termasuk gejala kerusakan di kompresor tersebut.

Tetapi apabila panas yang dihasilkan kompresor terasa berlebihan, kita bisa curigai jika ada komponen dalam kompresor yang tidak layak lagi.

Kompresor yang mengeluarkan panas berlebih akan mengakibatkan kompresor tersebut rusak. Karena suhu kompresor yang normal yaitu hangat dan tidak terlalu panas.

Oleh sebab itu apabila kompresor merek kulkas terbaik kondisinya panas secara berlebihan, itu berarti ada masalah di kulkas kamu.

Untuk sementara waktu biasanya merek kulkas terbaik masih bisa berfungsi dengan normal. Tetapi apabila hal itu terus dibiarakan maka bisa menyebabkan kulkas kamu jadi mati total.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Di Belakang Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Berikut penyebab body kulkas panas yang tidak normal :

1. Kompresor sudah lemah

Kompresor kulkas yang panas juga bisa disebabkan oleh gulungan kompresor yang mulai melemah. Bahkan tak jarang dijumpai beberapa bagian di gulungan tersebut yang telah sedikit mengelupas. Sehingga mengakiabtkan hubungan pada gulungan yang singkat.

2. Overload switch rusak

Dalam kompresor kulkas ada komponen yang bfungsinya untuk mencegah kompresor mengalami overheating atau panas yang berlebih. Ketika kompresor kulkas mengalami panas berlebih, overload switch akan memutuskan arus listrik yang menuju ke kompresor sehingga membuat kompresor jadi berhenti untuk bekerja.

Apabila terjadi kerusakan komponen overload switch maka bisa mengakibatkan kompresor akan terus menerus beroperasi meski telah mencapai suhu yang terlalu panas atau berlebihan.

Tentu saja keadaan kompresor kulkas yang telalu panas ini tidak normal dan bisa menjadikan kompresor rusak dan bahkan mati.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

3. Pipa kapiler mampet

Elemen pada evaporator dan kondesor terdiri dari pipa kapiler yang ukurannya kecil sebagai media sirkulasi gas pendingin (refrigerant).

Diameter lubang kapiler yang ukurannya sangat kecil membuatnya rentan mengalami mampet. Akibatnya aliran freon tidak bisa lancar.

Hal itu tentu membuat kompresor kulkas harus bekerja lebih berat. Beban kerja kompresor yang berat ini pada akhirnya akan membuat kompresor jadi menghasilkan panas yang berlebihan dan membuat konsumsi daya listriknya juga jadi meningkat.

Indikasi adanya bagian pipa kapiler yang mampet bisa dicek dengan memakai pengukur tekanan. Hasil pengukurannya biasanya akan melebihi dari standar besar tekanan yang seharusnya.

4. Oli kompresor kering

Minyak oli yang terdapat dalam tabung kompresor bgunanya untuk melumasi di bagian - bagian dalam kompresor dan berguna menyerap panas yang dihasilkan kumparan.

Apabila kapasitas oli tersebut sedikit atau bahkan habis maka akan membuat kompresor cepat untuk panas dan pada akhirnya bisa merusak kumparan kompresor. Hal ini biasanya ditandai adanya bunyi kompresor yang kasar ketika dihidupkan.

BACA JUGA : Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

itulah penjelasan tentang kompresor merek kulkas terbaik yang mengeluarkan panas berlebih. Jadi kompresor kulkas yang panas tentu saja tidak normal jika panasnya terlalu berlebihan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ruang teknisi