Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat ini di tiap rumah tangga sudah hampir mempunyai merek kulkas terbaik atau lemari es. Alat elektronik rumah tangga ini seakan-akan sudah jadi perangkat yang wajib ada di tengah cuaca yang sedang panas ini.

Selain memiliki fungsi sebagai penyedia stok minuman yang dingin dan menyegarkan, merek kulkas terbaik juga bisa berguna untuk meletakkan makanan ataupun minuman supaya tidak cepat rusak dan basi.

BACA JUGA : Cara Menghidupkan Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak Tanpa Relay

Tetapi seiring berjalannya waktu, sama halnya dengan perangkat elektronika yang lainnya, merek kulkas terbaik juga kerap terjadi kerusakan, misal kerusakan seperti kulkas yang tidak dapat dingin.

Terdapat banyak faktor yang bisa jadi penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin dan tidak terdengar ada suara sama sekali dari kulkas. Biasanya masalah seperti ini sering terjadi pada kulkas yang susianya sudah lama.

Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena kerusakan pada merek kulkas terbaik seperti itu masih bisa diperbaiki oleh teknisi kulkas.

Namun sebelum kamu memanggil teknisi jasa service kulkas, Sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja hal yang jadi penyebab dari kerusakan kulkas yang tidak dingin dan tidak bunyi.

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

Sumber bunyi yang ada pada kulkas :

Pada kulkas yang normal, umumnya tiap beberapa menit sekali atau beberapa jam sekali akan terdengar sebuah suara dari kulkas. Biasanya hal ini menandakan bahwa kulkas sedang dalam keadaan aktif beroperasi.

Suara yang dikeluaran kulkas ini basalnya dari bunyi kompresor yang sedang bekerja yang ada di dalam mesin kulkas untuk menghisap dan memompa gas freon supaya mengalir ke jaringan pipa pendingin pada kulkas.

Namun, bunyi yang keluar dari kompresor akan berhenti saat suhu dalam kulkas telah mencapai temperatur tertentu yang sudah disetel di thermostat. Kemudian kompresor akan menyala kembali dan mengeluarkan bunyi saat thermostat mendeteksi terdapat perubahan suhu kulkas.

BACA JUGA : Berapa Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Ideal untuk Simpan Makanan, Cek Selengkapnya

Berikut penyebab merek kulkas terbaikmu tidak bisa dingin dan tidak keluar bunyi :

Faktor yang jadi penyebab masalah ini yaitu karena kompresor tidak bekerja semestinya. Tetapi perlu kamu ketahui, saat beroperasi, kompresor akan didukung oleh beberapa komponen yang lainnya yang sangat berpengaruh pada kinerja kompresor.

Oleh sebab itu, saat komponen pendukung tersebut rusak, maka bisa mengakibatkan kompresor tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab kerusakan kulkas tidak dingin disertai dengan tidak bunyi :

1. Kabel power putus

2. Terminal stop kontak rusak

3. Termostat rusak

4. Timer tidak berfungsi

5. Kompresor rusak

6. Relay tidak bekerja

BACA JUGA : Berbagai Macam Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dan Cara Merawatnya

Salah satu masalah lain yang sering dialami juga oleh kulkas yaitu kulkas tidak dingin terdapat suara  gemericik air di sekitar evaporator. Berikut penyebabnya :

1. Pipa pendingin macet

Dalam sistem pendinggin kulkas ada jaringan pipa yang fungsinya sebagai penyalur sirkulasi gas freon. Aliran gas freon ini bisa macet atau tersumbat oleh kotoran dan minyak pelumas yang menumpuk di saluran pipa. Pada umumnya freon kulkas akan mengalami kebuntuan atau macet pada area pipa kapiler atau filter. Hal ini dikarenakan di bagian pipa tersebut mempunyai diameter saluran sangat kecil.

2. Freon bocor

Apabila gas freon habis karena mengalami kebocoran maka dapat mengakibatkan kulkas kamu jadi tidak dingin. Hal ini umumnya disebabkan karena ada pipa pendingin yang berlubang.

Di kulkas 1 pintu hal ini sering terjadi di bagian pipa evaporator akibat tertusuk benda yang tajam ketika kamu sedang membersihkan bunga es pada evaporator.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaikmu tidak dingin dan tidak bunyi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: