Sederet Destinasi Wisata Terbaru 2024 Desa Wisata dengan Ciri Khas Unik Kalimantan

Sederet Destinasi Wisata Terbaru 2024 Desa Wisata dengan Ciri Khas Unik Kalimantan

Wisata terbaru 2024 desa wisata di Kalimantan dengan kebudayaan lokalnya yang masih terjaga dengan baik-klikkaltim.com-

BACA JUGA : 6 Wisata Terbaru 2024 Kalimantan Barat? dari Taman hingga Tugu Ikonik, Cek Lengkapnya Disini!

Harta karun yang dimaksud adalah Air Terjun Haratai, jadi destinasi wisata primadona wi Loksado. Tidak hanya itu, disini juga ada Balanting Paring yang jadi wisata ekstrem dan menantang.

Balanting paring merupakan kegiatan susur sungai dengan menggunakan rakit bambu di arus yang cukup deras. Jangan khawatir, rakit bambu ini merupakan salah satu transportasi tradisional masyarakat Loksado yang memang piawai dalam menggunakannya.

4. Desa Wisata Miau Baru

Berada di Kalimantan Timur, destinasi desa wiisata yang satu ini menarik untuk dikunjungi. Namanya Desa Wisata Miau Baru, dikenal dengan kebudayaan aslinya yang masih terjaa dengan baik.

Salah satunya adalah kompleks pemakaman yang dikelilingi oleh ukiran motif Dayak Kayan yang khas. Selain itu, kebudayaan lain yang masih dijaga keasliannya yaitu pertunjukan seni tari Suku Dayak. Tarian tradisional suku ini masih dilestarikan oleh penduduknya hingga sekarang.

BACA JUGA : 13 Tempat Unik Dan Tersembunyi Di Kalimantan, Nomor 2 Seperti Di Surga!

5. Desa Wisata Sungai Kupah

Rekomendasi destinasi wisata terbaru 2024 berikutnya adalah Desa Wisata Sungai Kupah. Desa wisata ini berada di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Tempat wisata ini dikenal dengan keindahan alam bahari dan budaya lokal yang masih kental. Daya tarik desa wisata ini adalah menjadi tempat pengembangan hutan mangrove.

Pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove, susur sungai dan bahkan jika beruntung dapat melihat spesies monyet langka. Selain itu, pengunjung juga dapat berkunjung ke kampung nelayan setempat.

Kebudayaan lokal yang bisa dijumpai saat berkunjung kesini adalah tari Mangrove yang menggambarkan kondisi lingkungan mangrove saat ini. Kemudian ada juga seni budaya Tundang atau pantun dendang, yaitu penampilan pantun yang diiringi dengan gendang.

BACA JUGA : Hidden Gem Wisata Terbaru 2024 Kalimantan Timur, Cek Deatilnya Disini

6. Desa Wisata Pampang

Berbeda dengan desa wisata lainnya, Desa Wisata Pampang yang terletak di Kecamatan Samarinda Utara ini menjadi rumah bagi suku Dayak Apo Kayan dan Dayak Kenyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id