Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Thermostat adalah komponen yang fungsinya sebagai pengatur suhu di alat pendingin seperti merek kulkas terbaik, freezer, AC dan alat pendingin lainnya.

Thermostat ini memang telah menjadi barang yang wajib dipakai di rangkaian peralatan sistem pendingin, disamping tugasnya untuk mengatur seberapa suhu yang sesuai dengan keinginan, juga dapat digunakan untuk parameter seberapa besar suhu merek kulkas terbaik yang sudah diatur.

Komponen thermostat yang dipakai pada peralatan merek kulkas terbaik yaitu thermostat dengan sistem manual dalam hal untuk menseting suhu, jadi cara memakai thermostat pada kulkas hanya dengan cara memutar knop putaran yang terdapat di thermostat itu sendiri.

BACA JUGA : 4 Ciri Timer Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Thermostat merek kulkas terbaik ini letaknya ada di dalam lemari kulkas, lebih tepatnya ada di bagian samping bak freezer atau yang biasa disebut dengan bak pendingin untuk es batu.

Untuk cara mengetahui keadaan dari komponen thermostat merek kulkas terbaik yang telah rusak ada beberapa tandanya, berikut ini beberapa tanda-tanda thermostat kulkas yang keadaannya sudah rusak atau bermasalah.

Tanda-tanda thermostat kulkas rusak :

1. Kulkas tidak dapat diseting suhunya

Kondisi kulkas yang tidak dapat diatur suhunya, malah yang terjadi adalah kulkas tidak dingin meskipun sudah lama dinyalakan. Solusi terbaiknya yaitu hanya dengan ganti komponen thermostat kulkas dengan komponen thermostat yang baru.

2. Ada bunga es yang muncul di salah satu titik bagian freezer

Ketika kondisi kulkas sedang normal, maka tidak akan ada bunga es di titik tertentu. Maka jika kulkas  tidak dingin dan ditemukan terdapat bunga es di titik tertentu pada bak freezer maka dapat dipastikan bahwa kerusakan asalnya bisa dari pipa yang mengalami kebocoran, sehingga mengakibatkan cairan freon menjadi keluar. Apabila terjadi masalah seperti itu, periksa juga komponen thermostat karena biasanya komponen thermostat juga mengalami masalah.

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

3. Suhu kulkas tidak dingin

Komponen thermostat pada merek kulkas terbaik adalah komponen yang berhubungan langsung dengan bagian timer, jadi apabila komponen thermostat sedang bermasalah maka kulkas tidak akan bisa dingin lagi.

Jadi apabila kamu menemukan kulkas yang tidak dingin alangkah lebih baik kamu lakukan pengecekan pada komponen thermostatnya terlebih dahulu, mungkin saja keadaan thermostat kulkas kamu sudah rusak.

4. Kompresor kulkas nyala terus

Kerusakan pada komponen thermostat kulkas yang paling parah adalah bagian kompresor akan nyala secara terus menerus tanpa ada jeda. Tanda jika kompresor kulkas keadaannya sedang menyala terus akan ada bunyi nginggg secara terus menerus. Langkah yang bisa kamu lakukan apabila menemukan kompresor kulkas yang menyala terus harus segera kamu matikan kulkasnya kemudian periksa bagian komponen thermostat, apabila memang sudah rusak bisa langsung ganti saja dengan yang baru.

Kompresor jangan sampai kamu biarkan menyala terus terusan, karena bisa menimbulkan kerusakan pada komponen lain seperti PTC overload relay yang jebol atau paling parah lagi bisa menyebabkan kompresor jadi rusak.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Berkut ini cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa keadaan komponen thermostat merek kulkas terbaik yang kondisinya sudah rusak ataupun masih normal :

- Lepas komponen thermostat yang menempel di kulkas

- Ukur hambatan kedua terminal thermostat pada kulkas dengan memakai multitester dan diukur menggunakan skala ohm

- Lalu celupkan bagian ujung pipa sensor ke air dingin, tinggu beberapa saat hingga jarum multitester bergerak ke arah kiri dengan perlahan. Ini merupakan tanda bahwa komponen thermostat kulkas kamu kondisinya masih normal.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Itulah beberapa tanda thermostat merek kulkas terbaikmu mengalami kerusakan dan cara untuk mengecek kondisi komponen thermostat pada kulkas kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: