Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya

Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya

Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Makanan yang ditinggalkan di dalam merek kulkas terbaik dalam waktu lama bisa menyebabkan adanya masalah yang terjadi pada makanan dan kulkas itu sendiri.

Apabila kamu tidak membersihkan merek kulkas terbaikmu secara teratur, maka bakteri bisa tumbuh pada makanan jenis apa pun yang telah terlalu lama didiamkan, berarti bahwa saat kamu pergi untuk makan ataupun minum sesuatu dari wadah tersebut, kamu bisa sakit.

Saat bakteri tumbuh pada wadah makanan atau di bagian lain merek kulkas terbaik itu sendiri (seperti gulungan), maka bakteri akan menghasilkan enzim yang akan memecah di bagian tertentu dari sistem pendingin alat.

Enzim ini bisa mengurangi kinerja pada merek kulkas terbaik bahkan membuat komponen benar-benar rusak seiring ebrjalannya waktu, itu berarti tagihan energi listrik dan biaya perawatannya akan lebih tinggi serta biaya penggantiannya di kemudian hari.

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

Waktu terbaik untuk membersihkan merek kulkas terbaikmu :

- Apabila kulkas kamu hanya dipakai untuk menyimpan makanan, maka pembersihan yang sederhana dilakukan satu bulan sekali sudah cukup untuk mencegah kulkas jadi kotor.

- Apabila kamu memakai kulkas kamu sebagai tempat menyimpan makanan beku, maka tiap tiga bulan sekali tak masalah untuk dibersihkan. Hal ini bisa mencakup baki es batu dan pembuat es serta di bagian freezer alat.

- Apabila kamu ini melakukan pembersihan menyeluruh, tapi tidak ingin dilakukan tiap tahun yang akan membuat kamu harus mengeluarkan seluruh barang di dalamnya terlebih dahulu, maka kamu bisa lakukan 4 kali dalam setahun.

Langkah mudah membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada merek kulkas terbaik :

1. Cabut steker kulkas supaya tidak menyala ketika kamu membersihkannya

Kamu dapat melakukan ini dengan cara mencolokkan kulkas ke stopkontak, yang akan mematikan seluruh peralatan sekaligus dengan menekan satu tombol, hal ini juga akan berguna ketika membersihkan kulaks.

2. Kosongkan kulkas dan freezer sepenuhnya

Lepas laci, rak, dan bagian lainnya yang bisa dilepas.

3. Buang makanan basi dan kedaluwarsa

Jika kamu menyimpan stoples mayones yang masih setengah penuh dari bulan yang lalu, apabila baunya tidak enak atau warnanya sudah berubah, kemungkinan itu telah melewati masa simpannya.

Jika kamu tidak yakin makanan kamu masih bagus, kamu bisa lihat tanggal "Sell By" atau "Best Before" pada kemasannya (atau bisa lihat keduanya).

Itu menjadi panduan umum yang dipakai toko ketika menjual produk dalam jumlah yang besar agar tidak basi sebelum produk tersebut dibeli oleh konsumen, namun hal itu tidak selalu jadi indikator akurat untuk tahu kapan makanan itu benar-benar sudah kedaluwarsa. Apabila terlihat aneh atau baunya aneh, sebaiknya buang saja.

4. Bersihkan remah-remah dan tumpahan menggunakan handuk basah

Jangan pakai tisu, tisu disinfektan, ataupun spons. Kamu bisa pakai serbet yang bersih atau kaos bekas untuk membersihkan kotoran dalam kulkas.

Pakai sabun lembut apabila sangat kotor,kamu bisa gunakan sabun antibakteri, namun usahakan tidak memasukkan air ke kulkas karena bisa menyebabkan pertumbuhan jamur apabila dibiarkan terlalu lama.

5. Seka kulkas dengan larutan soda kue untuk menghilangkan bau sepenuhnya

Cara membuat larutannya yaitu campurkan 1 sendok makan soda kue bersama 1 cangkir air di dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Lalu kain dibasahi kemudian seka noda yang ada dalam kulkas pakai campuran tersebut.

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

6. Bersihkan kulkas dengan larutan pemutih dan air untuk mengatasi bau

Apabila masih terdapat sisa baunya setelah kulkas diseka dengan larutan soda kue, kamu bisa coba gunakan larutan pemutih dengan air. Caranya :

- Campurkan 1/4 cangkir pemutih bersama 1/2 cangkir air dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada dinding, rak, dan laci kulkas.

- Biarkan sampai mengering dalam waktu 30 menit sebelum kamu membilasnya lagi dengan air biasa.

7. Jika terdapat bau terbakar, gosok kumparan kondensor yang ada di bawah kulkas

Jangan pakai penggosok atau sikat berbahan logam karena bisa menggores potongan kecil logam yang bisa tersedot ke sistem pendingin dan mengakiabtkan kerusakan.

Gunakan sikat gigi bekas apabila ada kotoran menumpuk yang membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan cara yang lain.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Tiap Produknya Punya Fitur Unggulan

8. Angin-anginkan kulkas selama 30 menit

Pintu kulkas biarkan terbuka selama 30 menit sampai bau tidak sedap tersebut hilang. Kamu juga dapat membuka jendela dan pakai kipas angin untuk meningkatkan ventilasi.

9. Untuk menutupi bau, gunakan koran atau bubuk kopi

Letakkan beberapa lembar koran pada bagian atas bau yang menyinggung dan biarkan selama beberapa hari. Lalu buang koran tersebut dan ganti dengan lembaran koran yang baru.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba letakkan bubuk kopi di mangkuk yang terbuka pada bagian bawah kulkas untuk membantu menutupi sisa baunya.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek kulkas terbaik sekaligus menghilangkan baunya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: