Cari Tahu Penyebab dan Solusi Kipas Merek AC Terbaik Anda Tidak Berputar

Cari Tahu Penyebab dan Solusi Kipas Merek AC Terbaik Anda Tidak Berputar

Penyebab kipas merek AC terbaik tidak dapat berputar-fimela.id-

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti motor kipas yang rusak dengan yang baru. Selain itu, jangan menyiram motor kipas ketika AC dibersihkan sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Modul AC Rusak

Modul AC yang mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebab kipas AC tidak berputar. Fungsi modul AC adalah sebagai sistem kontrol yang menyuplai arus listrik pada sistem kelistrika AC.

BACA JUGA : Kode dan Fungsi Tombol Remot Merek AC Terbaik Changhong

Beberapa penyebab modul AC mengalai kerusakan diantaranya karena fuse yang putus, kerusakan pada thermistor AC, masalah pada jalur PCD dan PIN konektor, modul yang terlalu using, serta aliran listrik yang mengalami fluktuasi.

Masalah Kontraktor AC

Penyebab kipas AC tidak berputar yang lainnya karena adanya masalah pada kontraktor AC. Komponen ini memiliki kontrol untuk mengalirkan listrik ke sistem unit indoor AC.

Ketika AC dihidupkan dan mengatur suhu pada thermostast maka beberapa bagian akan menginfokan apakah merek AC terbaik miliki Anda harus berpoerasi atau tidak.

Keausan terjadi pada kontraktor AC akan terbakar sehingga aliran listrik dan akan terhambat serta terjadinya kerusakan pada komponen AC yang berdekatan.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Bilah Kipas Rusak

Hal lain yang dapat menyebabkan kipas AC tidak dapat berputar dengan baik karena bilah kipas mengalami kerusakan. Biasanya bilah kipas akan terlihat melalui ventilasi bagian unit luar ruangan. Jika salah satu bilah kipas bengkok, retak atau pun rusah sebaaiknya bilah kipas tersebut diganti.

Solusi untuk Masalah Kipas AC yang Tidak Berputar

Setelah mengetahui beberapa penyebab kipas motor tidak dapat berputar, selanjutnya Anda harus mengetahui juga solusi agar kipas kembali berfungsi seperti semulai.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan pada kabel dengan menggunakan tespen agar tidak muncul masalah pada kabel dan tegangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: