Jalan Tegalwangi-Debong Kidul Kabupaten Tegal Mulai Diperbaiki, Telan Anggaran Senilai Rp 1,3 Miliar

Jalan Tegalwangi-Debong Kidul Kabupaten Tegal Mulai Diperbaiki, Telan Anggaran Senilai Rp 1,3 Miliar

PERBAIKAN - Sejumlah pekerja melakukan pekerjaan pengaspalan di ruas Tegalwangi-Debong Kidul.-YERI NOVELI/RATEG-

SLAWI, DISWAYJOGJA - Jalan di ruas Tegalwangi-Debong Kidul mulai diperbaiki. Perbaikan yang menelan anggaran sebesar Rp1,3 miliar itu dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal melalui pihak ketiga. Perbaikan ini hanya diprioritaskan pada jalan yang retak, aspal mengelupas dan bergelombang.

Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo mengatakan, kondisi jalan di ruas Tegalwangi-Debong Kidul memang sudah berlubang dan bergelombang. Namun tidak menyeluruh, hanya sebagian dan beberapa spot.

BACA JUGA:Sudah Dianggarkan, DPRD Kabupaten Tegal Desak Perbaikan Jalan di Pantura

Jalan itu merupakan akses penghubung Kabupaten Tegal dengan Kota Tegal. Mobilitasnya setiap hari sangat tinggi. Karena sebagai akses perekonomian, pendidikan, kesehatan dan sebagai jalur tikus Tegal-Purwokerto.

Menurut Teguh, proyek ini dikerjakan oleh pemenang tender CV Graha Amanah. Untuk nilai kontraknya sebesar Rp1.391.163.000,kata Teguh, Kamis, 18 Juli 2024.

Dia mengungkapkan, proyek peningkatan jalan ini dimulai sejak Senin, 15 Juli. Untuk waktu pelaksanaannya selama 75 hari. Sementara jika mengacu pada Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), pekerjaan dilaksanakan pada 5 Juli 2024 hingga 17 September 2024.

Teguh menyebut, untuk kontruksinya menggunakan Campuran Aspal Panas (CAP) dan Asphalt Congreed Wearing Course (AC-WC) dengan panjang 950 meter. Lebarnya bervariasi, kita menyesuaikan kondisi di lapangan. Estimasinya ya sekitar 7-9 meter,ujarnya.

Sedangkan untuk kontruksi AC-WC nya, lanjut Teguh, ketebalannya mencapai 4 sentimeter. Pengaspalan jalan ini dimulai dari perempatan lampu merah Tegalwangi ke utara hingga ke arah Grogol atau Debong Kidul perbatasan Kota Tegal. Progres pekerjaan baru mulai CAP dimulai dari Senin,15 Juli 2024,ujarnya.

Dengan adanya peningkatan jalan tersebut, Teguh meminta maaf kepada seluruh pengendara dan masyarakat karena lalu lintas kendaraan tidak lancar.

Kami minta maaf karena pengendara harus antri, yang imbasnya terjadi kemacetan. Semoga pekerjaan ini secepatnya selesai dengan hasil yang sesuai harapan,ucapnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kabupaten Tegal Minta Perbaikan Jalan Dilanjutkan

Sobirin, 49, salah satu pengendara mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal yang telah memperbaiki jalan tersebut. Selama ini, jalan penghubung Kabupaten Tegal dan Kota Tegal itu memang sudah rusak.

Meski kerusakannya tidak parah, tapi sangat mengganggu perjalanan para pengendara. Utamanya pengendara roda dua. Saya setiap hari ke Slawi lewati jalan itu, dan sorenya kalau pas pulang juga lewat situ. Alhamdulillah sekarang sudah diperbaiki, semoga perbaikannya cepat selesai,tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: