Jangan Sampai Kotor, Berikut Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Jangan Sampai Kotor, Berikut Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Cuaca panas yang melanda di Indonesia memang membuat siapa pun ingin menikmati minuman yang dingin. Keadaan tersebut membuat freezer merek kulkas terbaik di rumah makin bermanfaat karena kamu bisa dengan leluasa menghilangkan dahaga tanpa perlu membeli minuman dingin terlebih dahulu.

Fungsi dari freezer merek kulkas terbaik akan selalu optimal apabila kamu melakukan dengan benar cara membersihkan freezer kulkas dengan teratur.

Kebersihan freezer merek kulkas terbaik juga harus selalu terjaga agar kemampuannya untuk membekukan makanan atau minuman tidak terganggu.

Jangan sampai karena kamu malas membersihkan freezer menyebabkan bagian dari merek kulkas terbaik tersebut menjadi rentan mengalami kerusakan.

Cara membersihkan freezer merek kulkas terbaik yang benar harus ditunjang dengan pembersihan yang dilakukan dengan teratur. Idealnya freezer  dibersihkan dengan rutin tiap 1 bulan sekali.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

Tetapi, kamu dapat melakukan proses pembersihan pada freezer kulkas dengan sesegera mungkin jika kamu menemukan beberapa tanda seperti ini:

1. Bunga es pada freezer sudah penuh sampai membuat kapasitas isi dan kemampuan dalam mendinginkan makanan atau minuman jadi berkurang.

2. Terdapat bau yang tidak sedap yang muncul dari dalam freezer.

3. Terdapat minuman atau makanan tumpah di dalam freezer dan membuat freezer jadi kotor.

4. Jumlah makanan dan minuman yang tersimpan di dalam freezer terlalu berlebihan, bahkan ada yang sudah terlalu lama disimpan di dalam freezer sampai melewati tanggal kedaluwarsa.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Aqua 4 Pintu

Berikut cara membersihkan freezer merek kulkas terbaik yang efektif :

1. Kosongkan freezer : Keluarkan semua isi freezer, letakkan makanan dan minuman yang beku di wadah pendingin yang berisi es batu (cooler) atau letakkan di freezer yang lain agar kesegarannya tetap bisa terjaga.

2. Cairkan bunga es : Mencairkan bunga es yang ada di freezer pasti akan lebih praktis apabila kulkas kamu memiliki fitur pencairan bunga es. Kamu hanya tinggal tekan tombol pencairan bunga es yang biasanya ada di sisi penutup freezer.

Jika kulkas kamu tidak memiliki fitur tersebut, kamu dapat menggunakan air yang hangat untuk mempercepat proses pencairannya. Dinding freezer yang penuh dengan bunga es kamu basuh menggunakan air yang hangat agar bunga es bisa segera mencair dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA : Tips Jitu Menyimpan Lele Dalam Merek Kulkas Terbaik agar Kesegarannya Terjaga

3. Lepas kabel kulkas dari sumber listrik : Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari risiko korsleting yang rentan terjadi ketika kamu sedang membersihkan freezer.

Apabila kamu menggunakan kulkas yang tidak memiliki fitur pencairan bunga es, langkah ini bisa dilakukan sebelum kamu memulai untuk membersihkan freezer menggunakan air hangat.

4. Siapkan larutan pembersih : larutan pembersih freezer dapat terbuat dari bahan dasar yang sederhana, seperti campuran air dengan cuka putih suling atau campuran air dan beberapa tetes sabun untuk mencuci piring. Larutan tersebut diaduk sampai tercampur rata dan siap untuk digunakan.

5. Basuh semua bagian dalam freezer : Celupkan kain lap micro fiber ke larutan pembersih kemudian basuhkan ke seluruh bagian dalam freezer, khususnya ke bagian yang ada nodanya dan bau tidak sedap.

6. Bersihkan rak dan sekat freezer secara keseluruhan : Kamu dapat melepas rak atau sekat supaya proses pembersihan bisa berlangsung dengan maksimal. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang masih tertinggal.

7. Keringkan menggunakan lap yang bersih : Lap sampai tuntas, jangan sampai masih ada sisa kotoran yang memicu timbulnya bau tidak sedap.

8. Pasang rak dan sekat freezer dengan tepat : Jangan sampai terdapat rak atau sekat yang dipasang miring yang bisa membuat makanan dan minuman tumpah.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Thermador, Teknologi Canggih untuk Dapur Impian Anda

9. Hubungkan kabel kulkas dengan sumber listrik : kabel freezer kulkas yang sudah bersih bisa segera dihubungkandengan sumber listrik.

Tunggu beberapa jam hingga freezer sudah mencapai suhu yang kamu inginkan, lalu kamu mulai dapat mengembalikan bahan makanan dan minuman ke dalam freezer.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membersihkan freezer merek kulkas terbaik dengan benar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: