Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

Tips Perawatan Berkala Pada Freezer Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Untuk menyimpan makanan ataupun minuman, kamu mungkin memerlukan kulkas freezer. Freezer merek kulkas terbaik fungsinya yaitu untuk mendinginkan dan membekukan bahan makanan untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Kamu juga perlu melakukan perawatan secara berkala pada freezer merek kulkas terbaik kamu.  Perawatan berkala pada freezer kulkas bisa membuat freezer jadi tetap awet dan bisa bekerja dengan optimal.

Berikut cara perawatan berkala pada freezer merek kulkas terbaik :

1. Cabut Tegangan Freezer

Bagi kebanyakan orang, membersihkan merek kulkas terbaik berarti hanya mengeluarkan seluruh makanan di dalam kulkas dan membiarkannya agar mencair.

Pencairan es merupakan langkah yang penting, namun bukan menjadi satu-satunya langkah yang harus kamu lakukan. Hal ini dilakukan juga agar tercegah dari masalah freezer yang bau tidak sedap.

BACA JUGA : Jangan Sampai Kotor, Berikut Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Untuk memastikan kinerja freezer yang optimal dan menjaga penggunaan listrik agar tetap rendah serta hemat.

Kamu harus membersihkan freezer untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dan keadaan freezer yang tidak sehat. Kamu harus mencabut tegangan kulkas terlebih dahulu.

Meski freezer merek kulkas terbaik kamu mungkin memiliki fitur off switch, alangkah baiknya kamu tetap mencabut steker freezer sebelum kamu melakukan pembersihan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya sengatan listrik dan cedera yang mungkin terjadi akibat dari proses pencairan es dan pembersihan pada freezer.

Pastikan freezer kamu berada di tempat yang tidak akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada lantai. Bila perlu, taruh koran bekas dan handuk di bawah kulkas.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Buah Potong Dalam Merek Kulkas Terbaik

2. Seluruh Makanan Beku yang ada di dalam Freezer dikeluarkan

Kamu dapat mengosongkan freezer dengan cara pindahkan seluruh makanan ke dalam keranjang. Halini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuang beberapa makanan yang kadaluarsa dan tidak dapat lagi untuk dipakai.

Ketika kamu sedang mengeluarkan makanan beku dari dalam freezer, tulis nama dan tanggal yang ada pada label dan wadah. Lihat makanannya dan cium bau makanannya.

Buang semua makanan beku yang sudah rusak, berikut ciri-cirinya :

- Apabila ada perubahan warna yang aneh

- Tercium bau yang menyengat dan busuk

- Ada lapisan es atau ada es pada makanan yang disimpan di dalam wadah

- Menyimpan makanan beku di luar jangka waktu yang sudah disarankan

3. Pembersihan

Freezer yang berguna untuk membuat es harus kamu bersihkan juga sesudah seluruh es yang ada di dalamnya mencair. Cabut drainase atau tabung drainase pada freezer dan biarkan sampai seluruh air mengalir.

Pakai pembersih yang ringan seperti soda kue dan cuka yang lebih ramah terhadap lingkungan untuk bersihkan freezer kamu. Beri sedikit deterjen, cuka, atau soda kue ke mangkuk dan tambahkan air yang hangat secukupnya ke dalam wadah tersebut.

BACA JUGA : Efisien Tidak Makan Ruang, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Portabel Cocok untuk Kosan

Kemudian masukkan kain atau handuk ke larutan pembersih tersebut dan kamu bisa mulai cuci freezernya. Lepas rak lalu cuci di wastafel agar noda yang membandel bisa hilang. Bilas di dalam kulkas agar sisa residu hilang.

Biarkan semua merek kulkas terbaik kamu kering dengan sendirinya atau kamu bisa gunakan kain berbahan katun untuk mengeringkannya. Untuk menghilangkan bau tidak sedap yang masih tersisa, taruh sekotak soda kue di dalam freezer kulkas dan tutup freezer dalam waktu beberapa jam.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

4. Atur penempatan Makanan di dalam freezer

Letakkan kembali semua makanan beku kamu ke dalam freezer dan atur makanan dengan tepat untuk mencegah terjadinya kontaminasi. Simpan seluruh makanan yang dapat digunakan ke waktu yang lama pada bagian bawah.

Simpan seluruh daging pada satu area bagian bawah, dan letakkan jenis makanan lainnya pada kompartemen yang lain. Kamu dapat menempatkan tas berukuran kecil yang berisi makanan beku yang paling sering kamu gunakan di bagian atas makanan beku yang lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam melakukan perawatan berkala pada freezer merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: