Penyebab Bunga Es Menumpuk Dalam Merek Kulkas Terbaik, Begini Cara Mencegahnya

Penyebab Bunga Es Menumpuk Dalam Merek Kulkas Terbaik, Begini Cara Mencegahnya

Penyebab Bunga Es Menumpuk Di Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Mungkin kamu pernah merasakan emosi saat ingin menyimpan makanan beku ke dalam freezer merek kulkas terbaik, tetapi freezer kulkas penuh dengan bunga es.

Hingga pada akhirnya tidak jarang kamu memasukkann makanan beku ke dalam merek kulkas terbaik secara paksa atau menyimpannya pada bagian yang lain.

Seperti yang kita ketahu padahal terdapat beberapa makanan atau minuman yang memang harus untuk diletakkan di dalam freezer merek kulkas terbaik.

Adanya penumpukan bunga es pada merek kulkas terbaik ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan membuat kualitas bahan makanan jadi menurun.

Bunga es yang sudah menumpuk juga bisa timbul dampak negatif yaitu kamu jadi tidak leluasa untuk menyimpan makanan atau minuman di dalamnya, dan bisa membuat kulkas jadi rusak.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Buah Potong Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut penyebab terjadinya penumpukan bunga es di merek kulkas terbaik :

1. Suhu Kulkas terlalu Rendah

Hal ini bisa mempercepat proses munculnya bunga es di dalam freezer kulkas kamu. Suhu ideal yang dapat kamu terapkan di kulkas yaitu 5 °C dan di bagian freezer tidak diatur di bawah 1,6 °C.

2. Terlalu Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Jika kamu sering membuka pintu kulkas, maka udara yang hangat di luar kulkas akan bisa masuk ke dalam kulkas.

3. Fitur Defrosting Bermasalah

Bunga es yang sudah menumpuk biasanya sering terjadi di kulkas yang memiliki 1 pintu, karena biasanya kulkas ini tidak memiliki fitur self-defrosting.

Defrosting merupakan alat yang berguna untuk membantu mempercepat proses pencairan bunga es yang ada di dinding dan rak freezer kulkas.

Bunga es yang sudah menjadi air ini nantinya akan dialirkan menuju ke wadah pembuangan.

Tetapi, jika bunga es juga menumpuk di kulkas 2 pintu disebabkan karena ada penyumbatan di wadah pembuangan yang akhirnya akan menimbulkan pembentukan embun beku yang akan mengakibatkan bunga es jadi menumpuk.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

4. Tidak Menyimpan Makanan dengan Benar

Hal ini karena uap panas dari makanan atau minumanakan menimbulkan terjadinya pembentukan embun beku.

Selain itu, pastikan juga kamu perhatikan wadah makanan atau minuman yang akan kamu masukkan ke dalam kulkas, bahwa wadah telah tertutup dengan rapat atau belum.

Karena wadah yang terbuka bisa mengakibatkan air yang terdapat pada wadah tersebut bisa menguap ke kompartemen kulkas dan pada akhirnya akan mengembun pada dinding dan rak kulkas.

5. Isi Kulkas Terlalu Kosong

Kulkas yang tidak terisi atau kosong juga jadi salah satu penyebab munculnya bunga es pada freezer. Bunga es memiliki banyak kesempatan untuk menumpuk  jika makanan yang kamu simpan dalam kulkas sedikit.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Tips mengatasi bunga es pada merek kulkas terbaik :

1. Hindari terlalu sering buka dan tutup pintu kulkas. Apalagi jika pintu kulkas dibukanya dalam waktu yang lama.

2. Atur suhu kulkas pada suhu ideal dan sesuaikan juga dengan isi dalam kulkas. Pengaturan suhu kulkas biasanya bisa kamu jumpai di bagian dinding kompartemen pada freezer kulkas.

3. jangan menyimpan minuman atau makanan dalam kondisi masih terlalu panas. Kamu dapat mendiamkan makanan atau minuman tersebut terlebih dahulu supaya suhunya tidak terlalu panas.

4. Mengisi freezer dengan makanan atau minuman secukupnya. Setidaknya isi dalam freezer harus penuh ¾ bagiannya.

Itulah beberapa penyebab bunga es menumpuk di dalam freezer merek kulkas terbaik dan beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar kulkas kamu bisa awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: