Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

Cara Menyimpan ASI Di Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tahan Lama-www.hellosehat.com-

DISWAY JOGJA - Memompa ASI menjadi jalan yang tepat agar kamu bisa tetap mengASIhi bayinya. Perjuangan tersebut juga perlu disertai dengan cara menyimpan yang tepat agar ASI bisa tetap terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu prosedur penyimpanan ASI yang benar di dalam freezer ataupun di merek kulkas terbaik bagian bawah.

Makin lama ASI disimpan, dalam merek kulkas terbaik maka makin banyak juga vitamin dan antioksidan yang hilang. Tetapi, ASI yang disimpan juga masih mempunyai lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan susu formula.

Apabila kamu berencana memakai ASI dalam waktu yang singkat, kamu bisa menyimpannya di lemari es. Apabila tidak, kamu bisa simpan di bagian freezer merek kulkas terbaik, sehingga ASI dapat bertahan sampai 4 bulan. Sebaiknya, ASI jangan diletakkan di pintu lemari es atau freezer karena mungkin akan mencair atau jadi sangat hangat.

Untuk ASI yang baru dipompa bisa kamu simpan di dalam pendingin dengan menggunakan kantong es beku sampai 24 jam. Apabila kamu mengikuti jangka waktu di pedoman penyimpanan ASI, kamu bisa menyimpan ASI di suhu ruang, kemudian mendinginkannya dan membekukannya.

Berikut cara menyimpan ASI di dalam freezer merek kulkas terbaik 2 pintu :

1. Pilih wadah penyimpanan yang tepat

Biasanya banyak yang memakai kantong plastik untuk menyimpan ASI, Namun plastik bisa melepaskan bahan kimia dan mikroplastik ke ASI yang disimpan, sehingga bisa bahaya bagi perkembangan dan kesehatan bayi di suatu hari nanti. Kaca bisa jadi pilihan yang lebih aman dan ramah lingkungan untuk menyimpan ASI. Karena kaca tidak mengandung bahan kimia yang bahaya dan lebih gampang untuk dibersihkan serta disterilkan.

2. Beri label pada wadah ASI

Kamu harus catat kapan kamu memompa ASI yang disimpan. Beri label dan tanggal di wadah ASI dengan benar, hal ini akan membantu kamu dalam mengeluarkan ASI yang lebih dahulu dipompa agar menghindari ASI kadaluwarsa atau basi.

BACA JUGA : 10 Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rumah

3. Ketahui pedoman penyimpanan dengan benar

Pahami pedoman penyimpanan ASI yang tepat untuk memastikan ASI kamu tetap dalam kondisi segar dan aman dikonsumsi bayi. Mengikuti rekomendasi dari CDC, ASI bisa disimpan dengan aman di lemari es hingga 4hari di suhu 40°F (4°C) atau lebih rendah.

Untuk menjaga kualitas ASI, taruh di bagian belakang lemari es yang suhunya paling konsisten. Jangan simpan ASI di pintu atau dekat bagian depan, karena terlalu sering membuka dan menutup pintu bisa menyebabkan fluktuasi suhu.

4. Pakai sistem FIFO (First in, First Out) System

Metode ini adalah cara menyimpan ASI yang aman dan tepat. Dengan menerapkan metode ini, kamu akan memastikan ASI yang disimpan lebih lama selalu dipakai lebih dulu, sehingga dapat mengurangi risiko pembusukan dan bisa menjaga kualitas ASI yang akan dikonsumsi bayi.

5. Pertahankan kebersihan dengan benar

Sangat penting menjaga kebersihan selama pemerasan dan penyimpanan ASI. Sebelum ASI diperah, jangan lupa untuk selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air yang hangat minimal selama 20 detik. Hal ini untuk membantu meminimalkan risiko terjadinya perpindahan kuman ke ASI kamu.

ASI bisa disimpan di lemari es dengan suhu 39 derajat atau lebih dingin sampai 8 hari. Di batas yang maksimum ini, tetap terdapat risiko ASI kehilangan nutrisinya dan sifat penambah kekebalan karena faktor higienitasnya. Untuk kualitas terbaik, pakai ASI yang disimpan di lemari es dalam waktu 4 hari.

BACA JUGA : 5 Cara Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Mudah Agar Awet

Ketika membekukan ASI, jangan isi wadah hingga penuh karena susu memerlukan ruang untuk mengembang ketika membeku. Meski ASI dapat disimpan di dalam freezer selama 9 - 12 bulan, untuk menjaga kualitas terbaiknya, gunakan ASI yang sudah dibekukan dalam waktu 6 bulan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk emnyimpan ASI di dalam freezer merek kulkas terbaik 2 pintu agar tahan lama. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: