Ruwat Bumi Guci Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata di Kabupaten Tegal

Ruwat Bumi Guci Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata di Kabupaten Tegal

KAMBING KENDIT - Ritual memandikan kambing kendit mewarnai tradisi ruwat bumi Guci.-Hermas Purwadi/Radar Slawi-

SLAWI, DISWAYJOGJA -  Ritual ruwat bumi yang dilaksanakan di kawasan destinasi wisata Guci, diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan. Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qowroni mengemukakan, tradsi budaya ritual ruwat bumi Guci merupakan salah bentuk menikmati rasa syukur kepada Allah SWT. Di samping meminta keselamatan warga dilereng Gunung Slamet.

”Ruwat bumi Guci dilaksanakan di Obyek Wisata Air Panas Guci, sehingga  diharapkan ke depan bisa meningkatkan kunjungan wisata, dengan adanya ruwat bumi guci," ujarnya, Senin, 15 Juli 2024.

Ditegaskan, ritual ruwat bumi  diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi dan sayur-mayur di sekitar Guci. Upacara adat lalu dilanjutkan dengan memandikan kambing kendit.

BACA JUGA:6 Daftar Tempat Wisata Terbaru 2024 Nganjuk Paling Hits

Usai diarak, gunungan hasil bumi berupa buah-buahan dan sayur-mayur para petani dan pelaku usaha langsung diserbu ratusan warga. Ritual ruwat bumi di awal bulan Muharram merupakan tradisi turun menurun setiap tahun.

"Dengan ikut berebut hasil bumi, mereka meyakini akan mendapat keberkahan," cetusnya.

Dalam ritual ini juga ada tradisi memandikan kambing kendit berbulu hitam dengan lingkar putih di badan. Yang bertujuan untuk melestarikan sumber air panas alami Pancuran 13 Guci. Ritual ini juga untuk menolak bala, agar terhindar dari segala bencana.

Tradisi ruwat bumi merupakan even wisata tahunan yang menjadi hiburan tersendiri. Bagi warga khususnya di kawasan Guci yakni Desa Guci, Kecamatan Bumijawa dan warga Desa Rembul, Kecamatan Bojong.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Villa di Wisata Guci 2024!! Fasilitas Lengkap dan Menarik, Harganya Sangat Terjangkau!

Ruwat bumi Guci merupakan tradisi budaya yang dilaksanakan warga Guci memperingati Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1446 H. Tradisi ritual ruwat bumi Guci juga merupakan salah satu bentuk meminta keselamatan warga Guci, di samping menyukuri hasil bumi yang melimpah. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: