Tips Menyimpan Daun Bawang Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Tidak Menguning

Tips Menyimpan Daun Bawang Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Tidak Menguning

Tips Menyimpan Daun Bawang Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Dan Tidak Menguning-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Daun bawang merupakan sayuran yang menjadi pelengkap masakan yang paling sering diperlukan untuk meningkatkan rasa makanan yang dimasak. Dan perlu disimpan dalam merek kulkas terbaik.

Tetapi, sayuran daun bawang ini merupakan sayur yang cepat layu dan menguning bahkan saat sudah tidak dimasukkan ke dalam merek kulkas terbaik.

Kondisi daun bawang yang masih segar hanya dapat bertahan kurang lebih selama 3 sampai dengan 5 hari tergantung pada cara menyimpannya. Khususnya, dalam merek kulkas terbaik.

Namun apabila kamu mengetahui cara menyimpan daun bawang yang benar di dalam merek kulkas terbaik, kamu dapat menyimpannya sampai 1 bulan.

BACA JUGA : 10 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Bau Tetap Segar

Berikut cara menyimpan daun bawang di merek kulkas terbaik agar awet :

1. Bersihkan Daun Bawang

Bersihkan daun bawang secara keseluruhan, apalagi bila kamu membelinya di pasar yang pasti daun bawang tersebut sudah terkontaminasi oleh udara dan lingkungan luar.

Daun bawang yang tidak bersih berpotensi menibulkan bakteri baru yang jahat untuk tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat membersihkannya mulai dari akar daun bawang, tiap helai daun bawang, dan pada bagian lainnya yang masih tampak kotor.

Saat mencucinya, kamu tidak perlu memakai sabun. Cukup hanya memakai air yang mengalir sampai daun bawang bersih.

2. Simpan Daun Bawang dalam Keadaan Kering

Setelah daun bawang dicuci bersih, keringkan sampai tidak terdapat sisa air. Caranya dengan diangin-anginkan atau bisa dilap dengan kain atau tissue.

Hal ini untuk menghindari air yang masih ada di sela-sela daun bawang dengan tujuan supaya sayuran tidak cepat layu dan menguning karena lembab.

3. Bungkus Rapat dengan Plastik atau Koran

Pemakaian media ini meimiliki tujuan untuk menghindari menaruh daun bawang dengan begitu saja di laci kulkas yang bisa berujung bau tidak sedap. Plastik atau koran juga  dapat memperlambat daun bawang agar tidak cepat layu dan menguning.

Penggunaan koran atau plastik dapat membantu mengurangi bau daun bawang yang mungkin akan mengontaminasi ke sayuran atau makanan lainnya.

BACA JUGA : Solusi Simpan Bahan Makananmu Berlimpah, Simak 5 Daftar Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Hemat Daya

Pastikan daun bawang ditaruh di laci khusus untuk sayur atau buah-buahan. Hal ini bertujuan untuk menata isi kulkas dengan efektif supaya aroma makanan bisa tetap terjaga.

Apabila kamu ingin memakai plastik, kamu dapat melubangi plastik tersebut di beberapa bagian. Lubangnya tidak usah terlalu banyak, intinya cukup untuk sirkulasi udara.

Setelah itu, kamu dapat langsung memasukkan daun bawang ke laci kulkas bersama dengan sayuran lainnya.

Apabila memakai koran, kamu bisa memberi sedikit air supaya lebih lembab. Kamu juga bisa mengganti koran dengan kain atau tissue yang tebal. Tetapi, pastikan koran atau kain yang kamu gunakan tidak terlalu basah.

Hal tersebut untuk menghindari daun bawang cepat busuk. Lalu kamu hanya perlu membungkus di bagian akarnya saja. Karena akar daun bawang merupakan bagian yang paling cepat busuk dibandingkan dengan bagian lainnya.

BACA JUGA : 10 Tips Menyimpan Sayuran Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Tidak Cepat Busuk

4. Simpan dalam Wadah Tertutup

Pastikan daun bawang sudah dicuci dengan bersih dan sudah kering. Wadah yang tertutup digunakan untuk menghindari dari pengaturan suhu udara di dalam kulkas yang terlalu dingin atau suhu yang terlalu panas. Sehingga sayuran tersebut tidak akan terpengaruh udara dari luar.

5. Rendam dalam Wadah Berisi Air

Selain memakai merek kulkas terbaik, terdapat juga cara menyimpan daun bawang supaya awet tanpa kulkas. Media yang dipakai yaitu wadah botol atau plastik atau lainnya, air, dan cahaya matahari.

Caranya masukkan daun bawang ke wadah. Akar daun bawang diposisikan ada di dasar wadah dan helainya ada di atas wadah.

Kemudian, tuang air secukupnya jangan terlalu banyak, hanya sekitar 3 cm sampai 5 cm saja. Air yang dipakai bisa berupa air yang dingin atau air keran. Letakkan wadah tersebut di tempat yang terpapar sinar matahari.

Cara ini bisa sekaligus menumbuhkan daun bawang jadi lebih tinggi. Sehingga kamu dapat memotong bagian daunnya secukupnya saat kamu akan mengambilnya.

Itulah beberapa tips menyimpan daun bawang di dalam merek kulkas terbaik agar awet dan tidak menguning. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: