Tahun Ajaran Baru 2024, Perajin Mebel di Brebes Banjir Orderan

Tahun Ajaran Baru 2024, Perajin Mebel di Brebes Banjir Orderan

PENUHI PESANAN- Pengrajin mebeler menyelesaikan tahap akhir pengerjaan untuk memenuhi pesanan dari sejumlah sekolah di awal tahun ajaran baru ini.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

TONJONG, DISWAYJOGJA - Dimulainya tahun ajaran baru 2024, memberi dampak pada meningkatnya pesanan mebeler sekolah kepada para pengrajin. Kondisi ini berbeda jika dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Seperti dirasakan H Yusuf, 52, perajin mebeler asa Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong. Dia mengatakan, peningkatan pesanan meubeler mengalami peningkatan sekitar sekitar 70 persen dari sebelumnya. Terbanyak pesanan datang dari sekolah-sekolah yang meminta dibuatkan meja maupun dan juga bangku kelas,ungkapnya, Minggu, 30 Juni 2024.

BACA JUGA:Stok Kulit Kurban di Bumiayu Belum Cukupi Kebutuhan Perajin Rebana

Menurut Yusuf, peningkatan pesanan mebeler seiring dengan datangnya tahun ajaran baru ini sudah lazim terjadi. Selain pesanan baru, dia juga menerima perbaikan dari beberapa sekolah yang sudah menjadi langganannya.

Pesanannya beragam dari yang hanya perbaikan, pesan kursi meja sampai satu set ruangan kelas ada juga ditambah meja guru dan lemari buku. Tapi kebanyakan pesanan setelan meja dan kursi siswa,terangnya.

Dari sisi harga, dia menjelaskan jika mebeler sekolah yang dibuatnya memiliki harga yang bervariatif. Tergantung dari bahan (kayu) yang diinginkan pihak pemesan.

Hal yang sama juga disampaikan Suherman, 56, perajin mebeler lainnya yang membuka usaha di pinggir jalan utama Tegal-Purwokerto wilayah Kecamatan Bumiayu. Dikatakan, saat ini dia tengah menggarap sisa pesanan dari sejumlah sekolah SD dan madrasah.

Secara bertahap harus sudah selesai sebelum anak-anak masuk sekolah, sekarang ini tinggal sisa pesanan tambahan,ujarnya di sela menghaluskan meja kayu buatannya.

Terkait naiknya harga-harga kayu sebagai bahan dasar mebeler yang terjadi saat ini, dia mengaku keuntungan dari omsetnya menurun sekitar 10 persen dibandingkan sebelum kenaikan harga. Meski demikian, dirinya tetap konsisten memenuhi pesanan mebeler dari sekolah-sekolah setiap datangnya tahun ajaran baru seperti saat ini.

BACA JUGA:Tahun Ajaran Baru, Penjahit Seragam Sekolah Sibuk Kebanjiran Pesanan

Jika perlengkapan belajar baik, seperti kursi dan mejanya, siswa nyaman di sekolah dan pasti lebih giat belajar karena suasana kelas anaknya yang layak,pungkasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: