Pahami Jenis Kredit Syariah Beserta Simulasi Kredit Bank OCBC 2024

Pahami Jenis Kredit Syariah Beserta Simulasi Kredit Bank OCBC 2024

Pahami Jenis Kredit Syariah Beserta Simulasi Kredit Bank OCBC 2024--

Perbedaan jenis akad pada kredit syariah di Bank OCBC Syariah

Akad Murabahah

Pada akad murabahah untuk melakukan jual beli. Bisa seperti untuk pembelian motor, mobil, sampai rumah untuk investasi diri. Jasa pinjaman syariah ini tanpa bunga tapi berlandaskan keuntungan.

Contohnya, msial pnjam uang untuk beli motor sebesar 14 juta, maka pengembalian dana sebesar 15 juta.

Akad Ijarah Wa Itiqna

Paling sering dijadikan akad yang umum pada perbankan syariah. Dengan konsep sewa menyewa dengan status kepemilikan yang berubah ubah.

Bisa jadi jika peminjam dana tidak bisa membayar dengan lancar, maka barang yang dibeli akan diambil dan disewa ke orang lain dalam waktu tertentu.

Akad Musyawarakah Mutanaqisah

Pada akad musyarakah mutanaqisah baik pihak bank maupun nasabah punya tujuan yang sama dalam melengkapi permodalaan.

Merupakan kerja sama dari kepemilikan asset. Pihak bank akan membayar sebesar 60% dari harga barang, dan nasabah membayar 40% dari harga barang.

Simulasi pinjaman dana dari Bank OCBC

Berikut merupakan gambaran pinjaman dana berdasarkan akad murabahah atau prinsip jual beli. Jika Ana membeil lahan dengan harga 500 juta, setelahnya nanti uang yang dikembalikan sebesar 600 juta. Dengan mengambil keuntungan 100 juta dalam perjanjian yang berlangsung.

Pilihan waktu pembayaran bisa sekali lunas, atau sistem cicil sampai 15 tahun atau selama 180 bulan. Dnegan garga rumah 500 juta, dan dalam akad murabahah menjadi 600 juta. Berikut perhitungan bulanannya.

Nasabah wajib bayar bulanan sebesar 3.3 jutaan dengan pinjaman dana 600 juta yang dibagi dengan 180 bulan. Dengan begutu, Bu Ana punya tanggungan sebesar 3.3 jutaan selama 180 bulan unruk akad keuntungan  yang dipilih.

BACA JUGA : Ternyata Ada KUR Pegadaian Syariah 2024 Tanpa Jaminan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: