Fakta dan keunikan Rumah Gadang, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat

Fakta dan keunikan Rumah Gadang, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat

Fakta dan keunikan Rumah Gadang Jadi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat--

DISWAY JOGJA – Dikenal dengan Godang, Rumah Gadang ini menjadi rumah khas dari Sumatera Barat. Keunikan dan keindahan bangunan yang ada buat Rumah Gadang ramai dikunjungi wisata terbaru 2024. 

Menjadi identitas tersendiri, Rumah gadang cukup populer karena eksistensi yang sudah diakui dunia. Dengan aturan adat yang ada, Rumah Gadang termasuk destinasi wisata terbaru 2024 yang seru.

BACA JUGA : Staycation Aestetik Sumatera Barat, Wisata Terbaru 2024 Private Beach Dengan Harga Terjangkau

Berdasarkan halaman resmi sumbar dari Kemenkumham menyebutkan bahwa Rumah Gadang menjadi adat dari Minangkabau. Merupakan wisata terbaru 2024 dengan warisan dan juga kebanggaan para kelompok etnis dengan rumah tradisionalnya. 

Bentuk Rumah Gadang seperti badan kapal dan juga tanduk kerbau pada atap rumah. menjadi berbeda dengan rumah tradisional lainnya, hal ini yang menjadikan Minangkabau sebagai tempat wisata terbaru 2024.

Atap yang seperti tanduk kerbau

Gonjong merupakan sebutanuntuk atap pada Rumah Gadang dengan kelancipan di ujung atap. Minangkabau sendiri dulunya terkenal sebagai kerajaan jawa yang sering adu kerbau. Dan kokohnya kerbau yang di adu menjadi inspirasi yang masuk ke dalam Rumah Gadang.

Bentuknya mirip perahu

Rumah Gadang berbentuk mirip dengan perahu disebabkan agar bebas dari hewan liar. Menjadi jenis rumah panggung yang sangat aman dengan mengurangi resiko yang ada.

Peletakkan tiang Rumah Gadang

Tiang Rumah Gadang tidak menancap ke tanah. Melainkan berada ditumpukkan batu yang berbentuk datar. Dengan kelebaran dan daya tahan yang kuat, itu bertujuan agar rumah kokoh serta aman dari gempa.

Kayu Rumah Gadang bebas rayap

Semua pemabangunan Rumah Gadang menggunakan kayu khusus. Kayu yang sudah direndam selama bertahun tahun dengan bahan kimia anti rayap. Dengan begitu, kayu jauh lebih kuat dan rayap tidak mungkin mendekat.

Biasanya digunakan untuk dinding pintu, lantai, jendela, sampai undakan tangga. Bisa ditambah dengan kayu ulin atau kayu besi sebagai hiasan ruangan. Pemilihan kayu itu juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: