Fakta dan keunikan Rumah Gadang, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat

Fakta dan keunikan Rumah Gadang, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat

Fakta dan keunikan Rumah Gadang Jadi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat--

BACA JUGA : Permata Alam Sumatera Barat, Daya Tarik Dan Pemandangan Buat Pulau Pasumpahan Jadi Wisata Terbaru 2024

Fungsi dari Rumah Gadang

Merupakan rumah tradisional asal Sumatera Barat, wisata terbaru 2024 Rumah Gadang berfungsi sebagai pertemuan keluarga. Selain itu bis adijadikan sebagai tempat musyawarah warga sekitar, sampai acara pernikahan. Intinya semua aktivitas yang ada atau perkumpulan bisa dilakukan di Rumah Gadang.

Dan fakta unik lainnya, jumlah kamar pada Rumah Gadang bergantung dengan jumlah anggota wanita yang ada. Tujuannya untuk melindungi dan buat wanita tetap aman. Dan untuk wanita yang sudah menikah akan diberikan tempat di ujung rumah dengan tujuan agar bebas fitnah.

Bagunan Rangkiang

Pada bangunan Rangkiang normalnya ada 2 di bagian halaman depan Rumah Gadang. Sering dijadikan tempat penyimpanan bahan sehari hari seperti makanan utama yaitu padi.

Bangunan Anjuang

Terletak pada sisi kanan dan sisi kiri wisata terbaru 2024 Rumah Gadang, atau menjadi sayap pada rumah. Biasanya bangunan Anjuang hanya untuk pasangan yang sudah sah, atau kamar untuk suami istri.

Bangunan Surau

Berada di komplek Rumah Gadang, Bangunan Surau ini biasanya menjadi tempat ibadah masyarakat sekitar. Dikarenakan mayoritas rakyat minangkabau beragama Islam, jadi Bangunan Surau ini seperti masjid atau mushola.

Makna bangunan pada Rumah Gadang

Punya atap seperti tanduk kerbau menandakan kemenangan. Jadi zaman dahulu selalu ada adu kerbau dan tahu jika kerbau itu kuat. Selain itu, berbentuk seperti perahu berguna sebagai pelindung dari hewan buas agar tidak masuk rumah.

Bahkan, Rumah Gadang temasuk bangunan yang tahan dari goncangan dan juga gempa bumi. Pada pembangunan Rumah Gadang tidak menggunakan paku, melainkan menggunakan pasak yang dipercaya kokoh dan tidak muadh patah.

Teakhir, pada jendela Rumah Gadang sebagai rumah adat sengaja dibuat miring. Hal itu bertujuan untuk memudahkan sinar matahari masuk ke rumah. begitupun dengan sirkulasi udara yang baik dan buat rumah tetap segar.

BACA JUGA : Informasi Lengkap Rekreasi Pulau Pagang Wisata Terbaru 2024 Sumatera Barat? Berikut Ulasan Dan HTM-nya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: