Keindahan Taman Nasional Bunaken, Wisata Terbaru 2024 Surga Bawah Laut

Keindahan Taman Nasional Bunaken, Wisata Terbaru 2024 Surga Bawah Laut

Keindahan Taman Nasional Bunaken Jadi Wisata Terbaru 2024 Surga Bawah Laut--

DISWAY JOGJA – Menjadi surga para penyelam karena alam bawah laut yang mempesona dan indah. Wisata terbaru 2024 Taman Nasional Bunaken termasuk kawasan konvervasi mulai dari tahun 1991. Ditetapkan oleh menteri Kehutanan berdasarkan data resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Sebenarnya Taman Nasional Bunaken merupakan wilayah yang berisi pesisir, pulau pulau, sampai perairan. Dengan iklim yang basah tropis katulistiwa, hal ini berpengaruh terhadap keindahan biota laut. Bisa jadi wisata terbaru 2024 yang menarik dengan segala keindahan yang diakui dunia.

Menjadi tempat wisata terbaru 2024 yang indah dan menawan, beragam pulau di sekitar sangat menunjang kehidupan. Terbentuk dari batu gamping dari terumbu karang, hamparan luas pulau Bunaken sangat mempesona.

Taman Nasional Bunaken berada di Sulawesi Utara Indonesia yang menjadi wisata terbaru 2024 terbaik. Bisa menjelajah laut beserta biota yang terlihat jelas. Serta keasrian yang sangat menggoda mata dan buat pikiran jadi tenang.

BACA JUGA : Keajaiban Alam Danau Toba Sebagai Wisata Terbaru 2024 Sumatera Utara

Wilayah Taman Nasional Bunaken

Dengan luas berkisar 890 kilometer persegi, tempat ini dipenuhi dengan lautan sebanyak 97%. Selebihnya baru daratan, termasuk pulau, beserta manusia yang ada. Pada Taman Nasional Bunaken ada 5 Pulau, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage.

Keindahan Taman Nasional Bunaken

Jernihnya air laut yang ada buat pengunjung bisa menikmati biota laut dengan jelas tanpa menyelam. Dan jika menyelam pun akan terasa sangat indah dengan berbagai jenis terumbu karang dengan dominasi tebing tebing karang. Dengan kecuraman yang lumayan dalam berkisar 25 sampai 50 meter.

Memjadi keunikan dan kemegahan tersendiri, sebutan surganya laut karena banyaknya terumbu karang serta flora fauna yang ada. Pernah masuk dalam warisan dunia UNESCO, Taman Nasional Bunaken memang semewah itu. 

Flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Bunaken

Dengan adanya 390 spesies terumbu karang, baik mulai dari spesie ikan, reptile, moluska, sampai mamalia laut ada semua. Menjadi perwakilan ekosistem laut di Indonesia, di Taman Nasional Bunaken ada rumput laut, terumbu karang, sapai ekosistem pantai.

Pulau yang kaya sagu, woka, silar, kelapa, sapai arecaceae punya beragam jenis hewan darat dna laut. Untuk hewan darat di Taman Nasional Bunaken ada rusa dan kuskus. Sedangkan pada hutan mangrovenya ada kepiting, moluska, burung laut, dan juga kepiting.

Beragam jenis hewan bawah laut di wisata terbaru 2024 Taman Nasional Bunaken ada caulerpa, padina, halimeda. Sedangkan, untuk jenis rumput laut ada thalasaodendron ciliatum, enhallus acoroides, thalassia hemprichii. Menarik bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: