Pesta Rakyat Hadening Kadipaten Pakualaman, Ribuan Orang Padati Pasar Sewandanan

Pesta Rakyat Hadening Kadipaten Pakualaman, Ribuan Orang Padati Pasar Sewandanan

Ribuan orang padati pesta rakyat dalam rangka Hadening Kadiaten Pakualaman yang dikemas dengan Pasar Sewandanan-DOK.-

DISWAYJOGJA – Pesta rakyat yang menjadi puncak peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-212 yang digelar selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 Juni 2024 meriah. Ribuan orang memadati gelaran Pasar  Sewandanan di Kagungan Dalem Sewandanan, Kadipaten Pakualaman.

Pada pembukaan Pasar Sewandanan, GKBRAA Paku Alam membuka secara simbolis dengan pemukulan Kenong Japan.

BACA JUGA:21 Acara Meriahkan Hadening Kadipaten Pakualaman ke-212

“Memang kita melakukan banyak kegiatan untuk memperingati Hadeging Projo Kadipaten Pakualaman yang ke-212 ini. Semoga acara ini (Pasar Sewandanan) bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selain itu, bisa membangun kerja sama, juga bersilaturahmi bersama masyarakat Yogyakarta,” ungkap Gusti Putri.

Gusti Putri menyebutkan, selain menggelar Pasar Sewandanan, Kadipaten Pakualaman telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan lomba-lomba dalam rangka memperingati Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-212. Di antaranya lomba literasi aksara Jawa, lomba jemparingan mataraman, lomba dolanan anak, lomba tari klasik gagrak pakualaman, lomba karawitan, lomba mewarnai motif batik, dan beberapa lomba lainnya.

Sementara itu, Pasar Sewandanan yang berlangsung mulai 21-23 Juni 2024 tersebut dimeriahkan dengan stand-stand dari 82 UMKM kuliner tradisional, kerajinan, dan batik. Stand tersebut dapat dikunjungi sejak pukul 09.00 WIB.

Sembari berkeliling di berbagai stand-stand, masyarakat dapat menyaksikan berbagai penampilan kesenian yang digelar Sabtu, 22 Juni 2024. Antara lain, Pentas Gublic Music, atraksi Ganti Dwaja Prajurit Kadipaten Pakualaman, tari Golek Ayun-ayun, jathilan beksa satrio pringgodani, GOPROKUSTIK, dan pagelaran wayang kulit.

BACA JUGA:Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-212 Meriah, Lomba Jemparingan Mataram Diikuti 880 Peserta

Sementara, pada Minggu, 23 JUni 2024, masyarakat dapat mengikuti kegiatan mlampah guyub sesarengan #3 dan zumba, serta menyaksikan pertunjukkan dari hiburan pria tampan band, neo akustik, obrolan angkringan, dan lala atila & band.

”Untuk acara Pasar Sewandanan ini kita mulai dengan banyak sekali acara-acara yang ada. Alhamdulillah Pasar Sewandanan telah dibuka. Semoga tenant-tenant semua dapat merasakan bahwa kita bersama-sama memperingati Hadeging Projo Kadipaten Pakualaman yang ke-212,” tutur Gusti Putri.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat diharapkan dapat menikmati berbagai persembahan dalam Pasar Sewandanan ini. Bergembira dan bersatu bersama, membangun, memelihara, serta menguatkan silaturahmi antar satu sama lain.

Saat ditemui di sekitar stand-stand kuliner Pasar Sewandanan, Nindya, warga Kota Jogja mengungkapkan, dirinya mengetahui informasi mengenai gelaran pesta rakyat dari Kadipaten Pakualaman ini melalui media sosial TikTok. Dirinya tertarik untuk datang langsung bersama dua orang teman-temannya.

”Ke sini seru banget. Di sini ramai, terus banyak makanan-makanan jadul, ada konser juga,” ujar Nindya.

BACA JUGA:Usia Kadipaten Pakualaman Bertambah, Wajib Jaga dan Kembangkan Budaya Yogyakarta

Yunita mengaku sudah mencoba beberapa kuliner tradisional. Antara lain lupis, cenil, dan jenang. “Harganya juga tergolong murah, nggak yang mahal banget,” kata Yunita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: