5 Langkah Mudah Menghentikan Getaran Pada Merek AC Terbaik

5 Langkah Mudah Menghentikan Getaran Pada Merek AC Terbaik

Langkah Mudah Menghentikan Getaran Pada Merek AC Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Mungkin kamu bosan dengan merek AC terbaik kamu yang berisik baik unit AC lama ataupun baru, membuatnya bergetar tiap dihidupkan, hal ini bisa menyebabkan iritasi dan mengganggu.

Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui cara menghentikan getaran pada merek AC terbaik. Biasanya, AC yang terpasang di jendela tingkat getarannya ditentukan dari model dan cara pemasangannya.

Apabia merek AC terbaik kamu bergetar, hal ini berarti ada potensi masalah atau masalah yang harus segera kamu atasi. Jika mengabaikannya bisa menyebabkan lebih banyak pengeluaran untuk kedepannya.

Berikut 5 langkah mudah menghentikan getaran pada merek AC terbaik :

1. Tambah atau ganti bantalan getar

Bantalan kondensor yaitu komponen yang berguna untuk memastikan unit AC di bagian luar ruangan rata dan tidak menyentuh dengan tanah.

Oleh sebab itu, casing unit luar ruangan bisa terus menerus bergesekan dengan bantalan tiap kompresor sedang bekerja yang mengakibatkan AC bergetar.

Letakkan kaki isolasi atau bantalan anti getaran pada bawah di tiap tepi unit AC luar ruangan, hal ini bertujuan untuk mengurangi getaran dan kebisingan.

Setelah beberapa bulan, periksa kondisinya dengan rutin. apabila pembalut rusak, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Ketika memasang bantalan, matikan terlebih dahulu pasokan energi dan sedikit angkat unit AC luar ruangan, hal ini untuk meletakkan bantalan kondensor pada bagian bawah sudut casing.

2. Kencangkan sekrup dan baut

kipas angin, motor, dan bagian lain dari AC menimbulkan sedikit getaran yang bisa mengendurkan mur dan baut yang menyatukannya. Bagian tersebut sangat keras sebab membentur logam dan bisa menimbulkan suara gemuruh yang keras ketika kendor.

Kamu bisa mengurangi getaran dengan cara mengencangkan unit AC luar ruangan ke lantai dengan menggunakan beberapa baut.  AC jendela dan di dalam ruangan perlu diperiksa baut dan segelnya dengan teratur guna mengurangi getaran dengan cara mengencangkan sekrup dan segel AC.

3. Ganti kompresor AC

Kompresor AC bertugas untuk memastikan bahwa zat pendingin sudah mencapai tekanan dan suhu yang sesuai sehingga AC bisa mendinginkan rumah kamu secara memadai. Biasanya kompresor AC menghasilkan suara yang mendengung.

Tetapi, apabila suaranya sangat keras atau lebih buruk lagi dan menimbulkan suara yang gemerisik, mungkin kompresor mengalami masalah lebih serius.

Kebocoran pada refrigeran ke komponen lain bisa mengakibatkan komponen tersebut membeku dan menyebabkan kesulitan untuk operasional yang mengakibatkan getaran AC.

Beberapa produsen AC mengencangkan kompresor AC terlalu kencang, hal itu menyebabkan seluruh unit bergetar. Untuk itu, kamu perlu mengendurkan baut yang menahan kompresor AC.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Bocor, Begini Cara Mengatasinya

4. Bersihkan unit AC

Apabila merek AC terbaik kamu tiba-tiba mengeluarkan suara bising, coba periksa apakah terdapat benda asing yang masuk ke dalam sistem. Kotoran yang beterbangan ataupun hewan kecil bisa masuk ke AC, karena pada bagian luar unit AC menggantung di bagian luar rumah.

Membersihkan AC dengan teratur sangat penting dilakukan karena bisa membantu kamu menghemat tagihan listrik dan mencegah kerusakan yang bisa menyebabkan unit AC bergetar. Biasanya unit AC yang sudah kotor akan mengeluarkan bau tidak sedap dan menghasilkan getaran AC yang cukup keras.

5. Pasang selimut kedap suara

Selimut kedap suara merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengurangi getaran pada AC, sebab harganya cukup murah dan mudah dipasang. Selimut suara unit AC mempunyai kemampuan peredam bising sangat baik.

Selimut kedap suara bisa membantu memblokir lebih dari sepertiga suara yang dihailkan sistem AC. Perlu diketahui bahwa selimut suara kurang efektif untuk model AC lama sebab motor yang lama masih mempunyai kipas yang berisik.

Itulah beberapa langkah mudah menghentikan getaran pada merek AC terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: